Idul Adha, Persiapan Beli Hewan Kurban Jauh-jauh Hari

Idul Adha, Persiapan Beli Hewan Kurban Jauh-jauh Hari

HEWAN KURBAN: Banyak pembeli yang sudah memesan sejumlah hewan kurban jauh-jauh hari kepada para bandar, maupun peternak.-PAI SUAPRDI-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Meski pelaksanaan Idul Adha masih cukup jauh sekitar 1 bulan ke depan, namun para pedagang hewan kurban di Kabupaten Majalengka sudah mulai bersiap-siap. Terutama dengan memesan sejumlah kebutuhan hewan kurban yang memang sudah dipesan para konsumen jauh-jauh hari.

Hal itu seperti yang dilakukan Sulaiman, pengusaha sapi asal Kadipaten yang mengaku sudah menyiapkan dan memesan sapi sapi serta kambing kurban kepada para petani jauh-jauh hari.
Ia mengaku sengaja memilih membeli lebih awal yakni satu bulan sebelum Idul Adha, dengan alasan harganya masih murah, meski risikonya harus merawatnya. Namun cara itu dinilai lebih baik dibandingkan dengan memesan secara dadakan.

Pasalnya jika ia membeli lebih awal, selain harganya masih lebih muran, bisa memilih hewan yang sehat serta bisa memantau perkembangan hewan tersebut, sehingga saat dijual ke konsumen sudah sesuai.

“Kalau dadakan risikonya selain harganya sedikit mahal, takutnya kehabisan stok sehingga bisa mengecewakan konsumen,” jelasnya.  

BACA JUGA:Keyakinan Bandara Kertajati Pada Akhirnya Bakal Ramai, Satu Syaratnya Ini

BACA JUGA:BSI Buka Layanan 434 Kantor Cabang Akhir Pekan Ini

Apipudin salah seorang pengurus DKM Rajagaluh mengatakan, pihaknya memang sudah memesan sejumlah hewan kurban jauh-jauh hari kepada para bandar, maupun peternak.

Pasalnya sebagian besar para jamaahnya memang sudah memesan hewan kurban jauh jauh hari baik secara mandiri maupun secara iuran, yang ditampung oleh pihak panitia kurban.

Misalnya saja untuk kebutuhan sapi pembeliannya dilakukan secara iuran oleh tujuh orang  dengan berkelompok seharga sapi. Sementara untuk kambing cukup satu orang saja.

Berdasarkan pengalaman pihaknya, untuk mendapatkan pesanan hewan kurban tidaklah mudah apalagi mendadak, sehingga pihaknya memang sengaja memesan lebih awal, agar lebih aman.

“Biasanya kalau dadakan susah mas, jadi kita memang sengaja memesan lebih awal, sesuai dengan jumlah permintaan jamaah,”pungkasnya. (pai)

BACA JUGA:BLAK-BLAKAN, Komisaris Tol Cisumdawu Ungkap Suka Duka Bangun Tol Bandung

BACA JUGA:Tim RBP Rorena Polda Jabar Datangi Polres Majalengka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: