BLAK-BLAKAN, Komisaris Tol Cisumdawu Ungkap Suka Duka Bangun Tol Bandung

BLAK-BLAKAN, Komisaris Tol Cisumdawu Ungkap Suka Duka Bangun Tol Bandung

tol cisumdawu bandung majalengka-DOKUMEN-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Secara blak-blakan komisaris independen perusahaan yang membangun Tol Cisumdawu, Dionisius Widjanto mengungkap suka duka pembangunan tol Bandung.

Dionisius Widjanto mengatakan bahwa harapannya, dalam pembangunan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan dapat selesai akhir Mei 2023.

Dia mengungkapkan pembangunan Jalan Tol Cisumdawu memang penuh tantangan. Namun pada akhirnya dalam waktu dekat bakal selesai.

“Kalau bicara duka itu saat baru mau mulai ya, proyeknya sudah hampir selesai lebih ke suka ya,” kata Dionisius, Saat bincang-bincang Sewindu PSN (Proyek Strategis Nasional).

BACA JUGA:Indahnya Curug Muara Jaya Argapura Patut Untuk Liburan Bersama Keluarga

BACA JUGA:Ingat! Jika Terjadi Gempa Bumi, Ini yang Perlu Anda Lakukan

Diungkapkan komisaris independen PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) itu, sesuatu yang normal bila memulai itu, selalu dihantui dengan kekhawatiran.

Misalnya, khawatir dengan hal-hal yang belum terjadi semuanya masuk dalam benak. Tetapi, setelah berjalan, semuanya bisa diatasi.

Dionisius mengungkapkan, keberadaan PSN sangat mendukung percepatan dalam pembangunan. Dirinya berkata demikian, bukan karena diundang dalam forum Sewindu PSN.

Tetapi, hal tersebut memang dirasakan sangat ril bagi percepatan pembangunan proyek jalan tol.
“Tapi ini bukan karena kami diundang dalam program PSN. Percepatan yang berkaitan dengan PSN kami rasakan sekali,” bebernya.

BACA JUGA:Gara-gara Truk Mogok, Jalur Sindangwasa-Kadipaten Macet

BACA JUGA:PENASARAN Siapa Saja Tiga Nama Pj Bupati yang Diusulkan DPRD ?

Dia mengungkapkan, PT CMNP lahir era akhir 90-an. Program PSN itu tidak ada. Berjalannya waktu, fakta mengatakan bahwa realisasi pembangunan infrtastruktur tidak secepat sekarang.

“Bukan salahnya generasi terdahulu. Ini kita harus belajar bersama. Jadi saya rasa, mungkin kalau saya mengatakan jalan tol. Karena kami mengikuti proses tahun 90 sampai saat ini dan adanya PSN,” bebernya.

Kembali ke pembahasan Tol Cisumdawu, dia meyakinkan sebentar lagi proyek tersebut bisa selesai dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Cisumdawu ini insya Allah bentar lagi bisa selesai, dan selesai itu artinya bisa bermanfaat. Mudah-mudahan tahun ini, seperti yang tadi, mungkin sekitar Mei, sudah selesai juga,” katanya.

BACA JUGA:Ketua DPC Lingkar Puan Siap Menangkan Ganjar Pranowo

BACA JUGA:Seluruh Incumbent Siap Bertarung Kembali, Karnaval Budaya Iringi Proses Pendaftaran Bacaleg PDIP ke KPU

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Wahyu Utomo mengungkapkan, betapa pentingnya pembangunan Tol Cisumdawu.

Dia mengambil contoh kasus yang terjadi pada Bandara Kertajati yang harus menjadi pelajaran ke depan.

"Kalau sukses, itu contohnya MRT. Tapi kalau yang belum sukses, itu ada pak. Contohnya adalah Bandara Kertajati. Kenapa saya mengangkat itu, karena berkaitan langsung dengan Cisumdawu," kata Wahyu.
Ditegaskan Wahyu, BIJB Kertajati selama ini kesulitan akses. Musababnya adalah belum selesainya pembangunan Tol Cisumdawu. Padahal, akses ini adalah hal yang penting. Di samping dukungan infrastruktur lainnya.

BACA JUGA:Bandara Kertajati Contoh PSN 'Gagal', Pembangunan Kecepetan

"Jadi memang pak. Inilah. Kita harus sadari ya pak ya. Kita harus belajar dari kasus itu. Jadi pada waktu Kertajati dibangun sudah selesai, ternyata aksesnya kurang," tuturnya.

Karenanya, kunci dari pemanfaatan BIJB Kertajati adalah akses. Sehingga perlu dilakukan percepatan dalam pembangunan Tol Cisumdawu. Sehingga bandara ini dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

BACA JUGA:Layanan Cabang, ATM dan Mobile Banking BSI Sudah Kembali Normal


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: