COBAIN! Solusi Problem Hidup, Bangun Malam, Tunaikan Salat Tahajud

COBAIN! Solusi Problem Hidup, Bangun Malam, Tunaikan Salat Tahajud

Manfaat Salat Tahajud yang dapat menjadi solusi untuk beragam masalah kehidupan.-NU Online/Ist-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Semua makhluk hidup tidak bisa terlepas dari masalah. Termasuk manusia. Hanya kadar masalah saja yang berbeda. Ada yang kecil banyak pula yang besar. 

Masalah pun, baik besar atau kecil harus dihadapi. Banyak cara untuk menghadapinya.

Bagi umat Islam ada satu solusi jitu untuk menghadapi problematika hidup itu? Bagaimana caranya? Yakni dengan bangun malam dan menunaikan Salat Tahajud.

Lalu apa Salat Tahajud itu?  Salat Tahajud merupakan salat sunah muakad. Salat itu didirikan pada malam hari atau malam menjelang pagi. Bisa juga sepertiga malam setelah terjaga dari tidur.

BACA JUGA:3 Mega Proyek di Jawa Barat, Nomor 2 di Majalengka Dianggap PSN Gagal, Kok Bisa?

Memang salat ini bukanlah bagian dari salat lima waktu yang diwajibkan bagi umat Muslim. Salat Tahajud bisa dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas

Ustad Ahmad dari Pondok Pesantren Ats-Tsaqafah Cirebon dalam unggahan WA di grup terbatas mengatakan bahwa Salat Tahajud itu merupakan solusi problem hidup umat.

Bahkan, katanya, salat Tahajud itu merupakan upaya agar manusia memperoleh derajat yang terpuji. Seperti firman Allah SWT yang artinya sebagai berikut;

“Pada sebagian malam, tahajudlah sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat terpuji”.  (QS. Al-Isra:79).

BACA JUGA:3 Deretan Produk Baru Google, Ada Google Pixel 7A, Pixel Tablet, Pixel Fold, Simak Harga dan Spesifikasi Ini

Menurut Ustad Ahmad,  ayat di atas sebenarnya bukan hanya sebagai motivasi bagi kita, manusia. Tapi ayat tersebut juga dijadikan sebagai tantangan untuk membuktikan seberapa besar janji Allah SWT kepada hambanya.

Terutama hambanya yang bisa bangun pada malam hari (qiyamul lail) untuk melaksanakan salat sunah malam (tahajud).

Ustad yang juga masih keluarga besar Ponpes Benda Kerep Argasunya Kota Cirebon ini mengungkapkan, banyak orang malas untuk melaksakan salat malam. Alasannya karena belum terbukti apa-apa terhadap dirinya.

“Akan tetapi tidak sedikit pula orang yang betul-betul tekun dan istiqamah melaksanakan salag sunnah tahajud sehingga mencapai derajat yang tinggi. Dalam artian mereka sukses dalam menjalani pernak-pernik kehidupan ini,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: