PENGUMUMAN: Tol Cisumdawu Ditutup dari Kertajati - Cimalaka, Ini Penyebabnya

PENGUMUMAN: Tol Cisumdawu Ditutup dari Kertajati - Cimalaka, Ini Penyebabnya

Tol Cisumdawu fungsional Kertajati - Cimalaka ditutup untuk lanjutan proyek. -PT CKJT-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Pengumuman penting untuk masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dari arah Cirebon/MAJALENGKA uang hendak melewati Tol Cisumdawu, karena ruas Kertajati - Cimalaka kini ditutup sementara.

Seperti diketahui, ruas Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan dari Kertajati - Cimalaka masih bertstatus fungsional yang digunakan sejak 16 April sampai dengan 1 Mei 2023.

Pasca digunakan untuk arus mudik dan balik lebaran, ruas fungsional Jalan Tol Cisumdawu kembali ditutup sementara sampai dengan waktu yang belum ditentukan.

Pihak PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) menyatakan, penutupan ruas fungsional berkaitan dengan lanjutan proyek yang belum selesai. Diperkirakan keseluruhan pekerjaan bakal tuntas pada Juni nanti.

BACA JUGA:Seekor Burung Bisa Lepas Bendera Israel dari Tiangnya, Ada Pertanda Apa?

"Senin 1 Mei 2023 pukul 17.00 WIB, Jalur Fungsional Tol Cisumdawu akses masuk - keluar dj GT Cimalaka - Km 152 Tol Cipali resmi ditutup," demikian pengumuman tertulis dari PT CKJT.

Pihak pengelola tol menyatakan, terdapat beberapa pekerjaan yang akan diselesaikan. Diharapkan pada tahun ini, seluruh ruas dapat diselesaikan dan digunakan secara penuh oleh masyarakat. 

"Izinkan kami menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Cisumdawu yang tinggal sedikit lagi. Semoga Tol Cisumdawu tahun ini dapat beroperasi penuh sampai Kertajati, amin," tulis keterangan tersebut.

Seperti diketahui, saat digunakan untuk arus mudik dan balik lebaran 2023, Tol Cisumdawu ruas Cimalaka Km 186 sampai dengan Kertajati di Km 216 digunakan satu arah baik saat arus mudik dan arus balik. 

BACA JUGA:5 Lokasi TOL CISUMDAWU yang Belum Selesai, Proyek Kembali Dilanjutkan

Kondisi ini dikarenakan sebagian ruas belum selesai. Terutama pada jalur b yang mengarah ke Bandung. Terdapat beberapa konstruksi seperti jembatan, lanjutan pengecoran jalan hingga gerbang tol yang masih dikerjakan. 

Kendati baru beroperasi sebagain dan fungsional, namun kehadiran Tol Cisumdawu sangat membantu kelancaran arus mudik dan balik. 

Sebab, mampu mengurai kepadatan lalu lintas di ruas Jalan Cadas Pangeran dan Cipularang. Juga mempercepat waktu tempuh dari Bandung - Kertajati menjadi hanya 1 jam saja.

Lanjutan proyek Tol Cisumdawu sudah terlihat sejak Jumat, 28, April 2023. Di sebagian tempat seperti akaes kalan GTO Paseh sudah melakukan penimbunan dan penataan urugan di dekat abutment Overpass Interchange Legok - Paseh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: