TERUNGKAP! Ini Sumber Semburan Api di Rest Area Tol Cipali Km 86, Formasi Cisubuh

TERUNGKAP! Ini Sumber Semburan Api di Rest Area Tol Cipali Km 86, Formasi Cisubuh

Sumber semburan api di rest area Tol Cipali berasal dari gas biogenik Formasi Cisubuh.-Dongeng Geologi-radarmajalengka.com

SUBANG, RADARMAJALENGKA.COM - Sumber semburan api di Rest Area Tol Cipali terungkap dari hasil penyelidikan yang dilakukan Badan Geologi.

Penyelidikan dilakukan karena semburan api tiba-tiba muncul dari sumur bor di rest area Jalan Tol Cikopo Palimanan.

Formasi Cisubuh yang berusia pliocene sampai pleistocene diperkirakan menjadi sumber dari gas biogenik.

Badan Geologi pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sendiri telah melakukan analisis geologi terkait fenomena semburan gas disertai api tersebut.

BACA JUGA:Pemudik Pasti Nggak Sadar, Lewat Jalan Beralas Busa di Tol Cisumdawu, di Sini Tempatnya

"Semburan gas pada lokasi rest area KM 86B kemungkinan besar berasal dari gas biogenik Formasi Cisubuh berumur pliocene sampai pleistocene," demikian keterangan resmi Badan Geologi.

Semburan api itu berasal dari sumur bor artesis untuk air tanah dengan kedalaman antara 40 sampai 100 meter.

Bahkan, kawasan itu berada dekat dalam radius dua kilometer dengan sumur eksplorasi gas aktif Pertamina EP. Lokasi sumur itu termasuk ke dalam Peta Geologi Lembar Pamanukan, Jawa Barat.

Secara geologi, lokasi sumur berada pada satuan batuan alluvium asal vulkanik batu pasir tuffaan dan konglomerat yang berumur kuarter.

BACA JUGA:MIRIP JALAN DI EROPA, Tol Cisumdawu Pakai B-Foam di Seksi 5B, Lokasinya di Sini

Adapun batuan penyusun di bawah satuan lapisan aluvial tersebut, mengacu pada Peta Geologi Lembar Bandung adalah Formasi Citalang berumur pliosen atas, Formasi Kaliwangu berumur pliosen bawah, dan Formasi Subang berumur miosen akhir.

Satuan batuan tersebut tersingkap di daerah Subang dan sekitarnya dan menerus di bawah permukaan hingga lokasi sumur berada.

Pada sekitar lokasi semburan terdapat sumur PSJ-P1 dan PJN-P1 dengan kedalaman maksimal 1.076 meter untuk sumur PJN-P1.

Sumur PJN-P1 sampai dengan kedalaman 860 meter terdapat zona yang memiliki potensi sebagai penghasil dan penyimpan gas. Formasi itu diinterpretasikan sebagai Formasi Cisubuh yang berumur Pliosen hingga pleistosen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dongeng geologi