Peran Bandung seperti Sacramento, Kertajati Menjadi Los Angeles

Peran Bandung seperti Sacramento, Kertajati Menjadi Los Angeles

Peran Bandung dan Kertajati Majalengka dalam pengembangan kawasan Rebana Metropolitan. -Kertajati Aerocity-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Jika terlalu sulit memindahkan ibu kota Jawa Barat (Jabar) dari Bandung ke Kertajati MAJALENGKA, ada tawaran menarik yang patut dipertimbangkan. Tawaran itu datang dari sejumlah personal di Forum Bisnis Cirebon.

Tawaran itu mengambil sebuah contoh atau meniru dua kota di negara bagian Calofornia, Amerika Serikat. Dua kota itu adalah Sacramento dan Los Angeles.

"Bandung tetap menjadi ibukota Jawa Barat. Seperti Sacramento yang menjadi ibukota negara bagian Calofornia. Sementara Kertajati  atau kawasan Rebana diperankan mirip Los Angeles,” ungkap M Jauharul Fuad dalam komennya di Grup WA Forum Bisnis Cirebon.

Pengusaha properti dan pemilik Wisata Alam Bukit Bambu Gronggong Kabupaten Cirebon ini menanggapi keseriusan Gubenur Jabar Ridwan Kamil membangun Kawasan Metropolitan Rebana. Keseriusan Ridwan Kamil tersebut patut didukung oleh banyak pihak.

BACA JUGA:Agar Kawasan Rebana Segera Maju, Sebaiknya Ibu Kota Jabar Dipindah ke Kertajati Majalengka

Kawasan Rebana ini meliputi kota dan kabupaten di Wilayah 3 Cirebon. Kemudian ditambah Kabupaten Subang dan Sumedang.

Pria yang akrab dipanggil Fuad ini merinci bagaimana pembagian peran Sacramento dan Los Angeles di California. Menurutnya. Sacramento dan Los Angeles memiliki peran yang berbeda di negara bagian itu.

Sacramento adalah ibu kota California. Kota ini terletak di wilayah bagian tengah California. Kota ini merupakan pusat pemerintahan dan legislatif negara bagian California. 

Banyak lembaga pemerintah, seperti kantor gubernur, majelis legislatif, dan departemen pemerintah negara bagian, berada di Sacramento. 

BACA JUGA:CERITA MUDIK: Pemudik Ketinggalan di Rest Area 164 Tol Cipali Majalengka, Dibonceng Polisi Pakai Motor

Selain itu, Sacramento juga merupakan pusat budaya dan sejarah California. Begitu banyak museum dan monumen penting yang terletak di kota ini.

Sementara itu, lanjut Fuad, Los Angeles terletak di wilayah selatan California. Daerah ini merupakan kota terpadat di negara bagian tersebut. 

Los Angeles adalah pusat industri hiburan Amerika Serikat. Di tempat itu banyak perusahaan film dan televisi terkemuka yang berkantor pusat di kota yang sering diguncang gempa ini.

Selain itu, Los Angeles juga memiliki pelabuhan yang sibuk dan merupakan pusat perdagangan internasional. Sebagai kota terbesar kedua di Amerika Serikat, Los Angeles juga memiliki banyak kegiatan budaya, pariwisata, dan olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: