Libur Lebaran, Jalan Menuju Objek Wisata di Majalengka Macet

Libur Lebaran, Jalan Menuju Objek Wisata di Majalengka Macet

DOMINASI MOTOR: Sejumlah ruas jalan menuju lokasi objek wisata yang ada di Kabupaten Majalengka mulai dipadati pengunjung.-PAI SUAPRDI-Radarmajalengka.com

RAJAGALUH, RADARMAJALENGKA.COM – Pada H+2 libur lebaran Idul Fitri, sejumlah ruas jalan menuju lokasi objek wisata yang ada di Kabupaten Majalengka dipadati pengunjung.

Meski kepadatan kendaraan yang menuju lokasi wisata tidak sepadat dan sebanyak saat momen libur lebaran tahun 2019, maupun saat libur tahun baru, namun demikian penumpukan kendaraan terpantau di sejumlah titik.

Salah satunya seperti ruas jalan Rajagaluh Pajajar menuju objek wisata River Tubing Cikadongdong dan River Tubing Arya Kiban, serta hutan lindung Prabu Siliwangi yang sudah mulai terlihat kemacetan, terutama kendaraan roda dua.

Selain di Rajagaluh, akses jalan menuju lokasi wisata yang ada di Kecamatan Sindangwangi juga terpantau mengalami kemacetan. Namun kemacetan yang terjadi masih cukup terkendali dan tidak sampai membuat antrian kendaraan sampai mengular.

BACA JUGA:Enka Rapper Majalengka Ajak Warganet Ikut Jadi Cameo di Video Klip Single Terbaru

BACA JUGA:Suasana Arus Balik Tol Cisumdawu, Ruas Fungsional Kembali Dibuka Hari Ini

Hal itu terjadi sekitar pukul 09.00 hingga pukul 10.00 WIB, dan kembali terjadi kepadatan pada arus kepulangan yakni sekitar 15.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Deni, petugas yang berjaga di Pos Gatur Rajagaluh menjelaskan, pada momen libur lebaran tahun ini, kemacetan di ruas jalan Rajagaluh-Majalengka maupun Rajagaluh-Sindangwangi dan Sumberjaya terpantau aman, dan tidak terjadi kemacetan parah, sejak H-2 masa arus mudik hingga H+3 libur lebaran.

Kuat dugaan kata dia hal itu disebabkan karena banyaknya pengendara pemudik yang memilih menggunakan jalur tol dibandingkan jalur alternatif Majalengka-Rajagaluh maupun Kadipaten-Rajagaluh sebagai akses mudik.

“Kalau melihat kondisinya memang cukup lengang, kalaupun ada kemacetan hanya sebentar saja, kemungkinan sesuai informasi pada musim mudik tahun ini banyak warga yang menggunakan akses tol, sehingga jalur alternatif yang ada cenderung landai,” jelasnya.

BACA JUGA:TIPS Menggunakan Tol Cisumdawu Fungsional dari Kertajati ke Cimalaka, Simak!

BACA JUGA:Polri Ajak Masyarakat Gunakan Tol Cisumdawu untuk Arus Balik ke Bandung dan Jakarta

Kondisi serupa juga diakui Suparna, salah seorang warga yang bertugas mengatur lalu lintas di pertigaan Lengkong Kulon, akses menuju lokasi wisata di desa tersebut.

Dijelaskan dia pada masa libur lebaran tahun ini, jumlah pengunjung yang datang ke lokasi wisata mengalami penurunan tajam, hal itu berimbas pada kondisi arus lalu lintas menuju wisata yang cenderung sepi dan tidak terjadi kemacetan parah seperti saat musim liburan tahun baru kemarin.

“Kalau dibandingkan saat masa libur tahun baru kemarin, jumlah kendaraan yang menuju lokasi lebih banyak, bahkan sempat terjadi kemacetan panjang. Tapi kali ini cenderung turun, kalaupun ada kemacetan hanya di beberapa titik dan itupun cepat bisa diurai, “paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: