PERDANA! Jemaah Haji Cirebon Raya Plus Sumedang dan Subang Berangkat dari Bandara Kertajati Majalengka

PERDANA! Jemaah Haji Cirebon Raya Plus Sumedang dan Subang Berangkat dari Bandara Kertajati Majalengka

Tahun ini jemaah haji Cirebon Raya ditambah Sumedang dan Subang akan melakukan penerbangan haji dari Bandara Kertajati Majalengka.-BIJB-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Untuk pertama kalinya jemaah haji dari Wilayah Cirebon Raya ditambah Subang dan Subang berangkat ke tanag suci melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten MAJALENGKA.

Rencananya enerbangan baik embarkasi maupun debarkasi haji dari Bandara Internasional Kertajati akan dilakukan pada Bulan Juli - Agustus 2023.

Jumlah jemaah haji dari wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Majalengka, Indramayu, Kuningan, Sumedang dan Subang diperkirakan antara 7-8 ribu.

Dengan jumlah tersebut, diperkirakan terdapat sedikitnya 20 kelompok terbang (kloter) yang akan diberangkatkan dari Bandara Kertajati Majalengka.

BACA JUGA:LEBIH HEMAT! Perbandingan Mudik Lewat Tol Cisumdawu dan Cipularang Bandung ke Cirebon, Sebagian Gratis!

Saat ini, pemerintah juga telah menetapkan Biaya Perjalanan Haji untuk Embarkasi Kertajati yakni Rp 52.837.858 berdasarkan Kepres Nomor 7 Tahun 2023.

Bandara Kertajati juga sudah ditetapkan menjadi embarkasi dan debarkasi haji berdasarkan keputusaan Menteri Agama (Menag) dan mendapatkan persetujuan dari General Authority Civil Aviation (GACA) Arab Saudi.

Terkait kesiapan BIJB Kertajati melayani penerbangan haji, 3 menteri telah melakukan peninjauan ke bandara internasional tersebut.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy menyatakan bahwa dari hasil peninjauan BIJB Kertajati sudah siap melakukan pelayanan haji dan umrah.

BACA JUGA:PERHATIKAN YA! Ini 3 Aturan Mudik lewat TOL CISUMDAWU, Jangan Sampai Salah

Bahkan, kesiapan tersebut sudah dibuktikan dengan persetujuan GACA Arab Saudi yang telah melakukan assessment beberapa waktu terakhir.

Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II, Muhammad Awaluddin dalam keterangan resminya mengatakan seluruh fasilitas dan personel di Bandara Kertajati siap melayani penerbangan-penerbangan tersebut.

"Bandara Kertajati menyiagakan sekitar 150 personel untuk mendukung operasional dan pelayanan. AP II juga memastikan kesiapan fasilitas utama antara lain dari sisi udara seperti parking stand pesawat, garbarata hingga kendaraan pendukung seperti follow me car dan kendaraan patroli, semua sudah siap menyambut penerbangan umrah, haji, dan reguler," katanya.

AP II menginformasikan memasuki minggu kedua April 2023, lalu lintas penerbangan di Bandara Kertajati diramaikan dengan penerbangan umrah Lion Air pada 15 April 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: