LEBIH HEMAT! Perbandingan Mudik Lewat Tol Cisumdawu dan Cipularang Bandung ke Cirebon, Sebagian Gratis!

LEBIH HEMAT! Perbandingan Mudik Lewat Tol Cisumdawu dan Cipularang Bandung ke Cirebon, Sebagian Gratis!

Perbandingan perjalanan mudik dari Bandung ke Cirebon via Tol Cisumdawu dan Cipularang.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Permandingan mudik lewat Tol Cisumdawu dan Cipularang dari Bandung ke Cirebon yang bakal lebih hemat.

Seperti diketahui, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan akan beroperasi secara fungsional dan bisa diakses masyarakat mulai tanggal 15 April nanti.

Sebagian dari Ruas Jalan Tol Cisumdawu masih berstatus fungsional dan gratis. Sehingga bisa cukup hemat untuk perjalanan mudik.

Sebagai perbandingan, pengendara dari Bandung ke Cirebon via Tol Cipularang - Cipali harus membayar setidaknya Rp 150 ribu untuk perjalanan kurang lebih 200-an kilometer.

BACA JUGA:PERHATIAN! Tol Cisumdawu Masih Satu Arah dari Cimalaka ke Kertajati, Jam 3 Sore Ditutup

Karenanya, kehadiran dari Tol Cisumdawu akan sangat menghemat biaya dan ongkos BBM. Mengingat jarak tempuh dari Bandung ke Cirebon, hanya separuhnya rute via Cipularang.

Untuk perjalanan dari Jl Soekarno Hatta ke Cirebon misalnya, jarak tempuhnya kurang lebih 100 kilometer.

Dari sisi tarif juga jauh lebih murah. tarif tol dari GT Buah Batu ke Cileunyi hanya Rp 5.000 saja. Disambung ke Cisumdawu sampai Cimalaka Rp 41.500.

Sedangkan dari Cimalaka - Kertajati masih gratis, alias belum dikenakan tarif. Selanjutnya pengemudi hanya perlu membayar tarif untuk perjalanan dari Kertajati - Palimanan Rp 31.500 dan Palimanan - Plumbon Rp2.500.

BACA JUGA:MANTAP! Ada 3 Tol Baru di Jabar untuk Mudik, Termasuk Cisumdawu, Simak Daftarnya

Total tarif dari Bandung ke Cirebon pun hanya Rp80.500 atau dengan simulasi perjalanan dimulai dari GT Buah Batu dan keluar di GT Plumbon, Kabupaten Cirebon.

Selain dari segi tarif lebih murah, waktu tempuh juga jauh lebih singkat. Diperkirakan hanya 1 jam 30 menit sampai ke Cirebon.

Berbeda dengan perjalanan yang memutar lewat Tol Cipularang - Cipali yang membutuhkan waktu 3 jam lebih.

Kendati demikian Tol Cisumdawu belum sepenuhnya rampung, terutama di Ruas Seksi 4 sampai dengan 6 atau Cimalaka - Kertajati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: