ALHAMDULILLAH Mudik Lewat TOL CISUMDAWU Gratis dari Cimalaka sampai ke Cipali, Simak Jadwalnya

ALHAMDULILLAH Mudik Lewat TOL CISUMDAWU Gratis dari Cimalaka sampai ke Cipali, Simak Jadwalnya

Mudik lewat Tol Cisumdawu masih gratis mulai dari Cimalaka sampai GT Ujung Jaya Utama.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Masyarakat yang hendak mudik dari Bandung lewat Tol Cisumdawu, bakal sedikit berhemat karena sebagian ruas masih gratis dan bakal nyambung ke Tol Cipali.

Saat ini, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan sedang dalam penyelesaian pekerjaan di Seksi 5, Kecamatan Conggeang dengan waktu yang tersisa.

Setelahnya, mulai tanggal 15 April 2023, Jalan Tol Cisumdawu akan dibuka seluruhnya mulai dari Cileunyi sampai dengan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Tetapi, saat beroperasi nanti, Tol Cisumdawu sebagian masih fungsional. Agar pengendara tidak bingung, simak keterangan berikut ini.

BACA JUGA:PERHATIKAN! Jadwal Operasi TOL CISUMDAWU Cimalaka - Majalengka, Hanya 9 Jam per Hari

Ruas Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh:

  • Seksi I Cileunyi - Pamulihan, beroperasi penuh dan sudah dikenakan tarif terhitung sejak 28 Februari 2023, rute sepanjang 11,45 kilometer.
  • Seksi II Pamulihan - Sumedang Kota, sudah beroperasi penuh dengan rute sepanjang 17,05 kilometer.
  • Seksi III Sumedang Kota - Cimalaka memiliki panjang jalan 4,05 kilometer dan sudah beroperasi penuh.

Ruas Tol Cisumdawu Fungsional

  • Seksi IV Cimalaka - Legok - Paseh. Memiliki panjang jalan 8,20 kilometer menghubungkan Cimalaka sampai dengan Paseh, bakal beroperasi secara fungsional. Pembangunan badan jalan sudah selesai untuk Jalur A dan B atau arah Bandung - Majalengka serta sebaliknya. 
  • Seksi V Conggeang - Ujung Jaya. Memiliki panjang jalan 14,90 kilometer, beroperasi fungsional dan pada beberapa lokasi hanya terdapat satu ruas ke arah Majalengka yakni di STA 40+200 Seksi 5A Cipamekar, STA 46+050 Seksi 5A Cacaban dan STA 51+000 Seksi 5B Babakan Asem.
  • Seksi VI Ujung Jaya - Kertajati. Sudah selesai dikerjakan sejak Desember 2022, dan untuk pertama kalinya akan dioperasikan secara fungsional. Memiliki panjang jalan 6,065 kilometer termasuk Junction Dawuan yang terhubung ke Jalan Tol Cikopo - Palimanan (Cipali).

BACA JUGA:Saat Ridwan Kamil Terpesona TOL CISUMDAWU: Di Belakang Saya Ada Gunung Ciremai

Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil menjelaskan, pada ruas Jalan Tol Cisumdawu yang beroperasi fungsional akan dibuka dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Ruas Seksi 4 sampai dengan 6 hanya dioperasikan mulai pukul 06.00 sampai dengan 15.00 WIB dan satu arah dari Bandung ke Majalengka.

Di luar jam yang ditentukan, pemudik yang hendak melakukan perjalanan dari Bandung ke arah Cirebon harus memutar via Tol Purbaleunyi, Cipularang dan Cipali.

Seperti diketahui, terdapat perbedaan jarak tempuh dan waktu tempuh yang signifikan pada kedua jalur tol tersebut.

BACA JUGA:WAJIB TAHU! Di Sini Lokasi Rest Area Sementara TOL CISUMDAWU saat Mudik, Ada Musala dan Tahu Sumedang

Bila menggunakan Tol Cipularang - Cipali, perjalanan Bandung - Cirebon menempuh jarak 200 kilometer lebih dengan waktu tempuh hampir 3 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: