REST AREA MUDIK di Tol Cisumdawu di Km Berapa? Cek di Sini

REST AREA MUDIK di Tol Cisumdawu di Km Berapa? Cek di Sini

Rest Area Tol Cisumdawu km berapa? Saat mudik nantinya akan dibangun sementara di Km 194+400.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Rest area mudik akan tersedia di Tol Cisumdawu, di km berapa? Simak keterangan dari Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil bersama pengelola  PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT). 

Seperti diketahui, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang ditargetkan beroperasi pada 15 April 2023 atau 4 hari lagi, belum memiliki rest area permanen.

Karenanya, sebagai antisipasi pemudik kelelahan atau butuh toilet saat melintas di Jalan Tol Cisumdawu, akan disediakan rest area sementara.

Lokasi dari rest area tersebut berada di Kilometer 194+400 atau di Sekitar Seksi 4 Kecamatan Cimalaka ke arah Paseh, Kabupaten Sumedang. Yang bila diperhatikan berada di tengah-tengah antara Cileunyi dan Dawuan.

BACA JUGA:PENGUMUMAN: Jadwal Tol Cisumdawu Ruas Cimalaka - Dawuan, Buka Jam 6 Tutup Jam 3 Sore

Keberadaan rest area sementara ini, sedang dilakukan persiapan. Secara khusus, Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil mengimbau masyarakat agar dapat memanfaatkannya bila lelah mengemudi atau sekadar ingin ke toilet.

Pada rest area tersebut, akan disediakan kedai dari UMKM yang menjual makanan ringan sampai tahu Sumedang. Juga disediakan toilet hingga fasilitas lainnya. 

Tidak hanya itu, di lokasi juga disiapkan musala darurat. Kendati demikian, Kang Emil -sapaan akrabnya- mengimbau agar masyarakat membatasi waktu saat berada di rest area, agar pengguna jalan lain juga dapat memanfaatkannya secara bergantian. 

"Yang kecapean di titik ini, boleh istirahat di sini nanti disediakan rest area yang sifatnya temporary (sementara, red). Jangan lama-lama ya,  paling ke toilet,  beli tahu Sumedang,  gorengan atau cemilan. Kalau mau shalat,  akan disediakan  mushala darurat," bebernya.

BACA JUGA:ISTIMEWA! Ridwan Kamil Bangun Gedung Pencak Silat Kelas Dunia di Sumedang

Gubernur mempersilakan masyarakat Jawa Barat memanfaatkan Tol Cisumdawu untuk mudik. Sebab, keberadaan ruas tersebut telah mempersingkat waktu tempuh antara kawasan Bandung Raya dan Cirebon Raya. 

"Yang mau mudik silahkan memanfaatkan dan pemandangannya indah sekali, bisa dilihat di belakang saya ada Gunung Ciremai yang luar biasa oke," terangnya. 

Ridwan Kamil yang melakukan kunjungan ke Seksi 4 Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan menyampaikan, sebagian dari ruas tersebut akan beroperasi dengan pembatasan waktu. 

Mengingat belum dipasangnya lampu penerangan jalan, akan ada pembatasan jam operasional. Dibuka mulai dari jam 06.00 pagi sampai jam 15.00 pada Seksi 4 Cimalaka sampai Seksi 6 Junction Dawuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: