Melihat Batas Sumedang dan Majalengka di TOL CISUMDAWU, Ternyata di Sini Tempatnya

Melihat Batas Sumedang dan Majalengka di TOL CISUMDAWU, Ternyata di Sini Tempatnya

Batas Kabupaten Majalengka dan Sumedang di Tol Cisumdawu.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Batas Kabupaten MAJALENGKA dan Sumedang di Tol Cisumdawu ternyata hanya berjarak beberapa meter saja dari Tol Cipali.

Bahkan, melihat posisi perbatasan tersebut, bisa dibilang seluruh trase Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan berada di wilayah Kabupaten Sumedang.

Sementara yang masuk ke wilayah Kabupaten Majalengka hanya penyambung Jalan Tol Cisumdawu ke Cipali yakni akses jalan setelah batas Seksi 6B dan Simpang Susun atau Junction Dawuan.

Bahkan, posisi dari akses keluar akhir dari Cisumdawu yakni Gerbang Tol Ujung Jaya Utama berada di wilayah Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujung Jaya.

BACA JUGA:3 Wisata Favorit di Kabupaten Majalengka, Diprediksi Paling Banyak Pengunjungnya saat Libur Lebaran

Batas antara Sumedang dan Majalengka sendiri, terdapat pada sebuah jembatan di perbatasan Seksi 6B.

Secara umum kondisi di daerah perbatasan tersebut berupa lahan pertanian sawah dan tidak ada rumah penduduk.

Kendati hampir seluruh trase jalan berada di wilayah Kabupaten Sumedang, sesungguhnya akses jalan tol tersebut justru mempunyai tujuan menghubungkan Bandung dengan Majalengka.

Mengingat ada satu infrastruktur penting yang menunggu dioperasikannya Tol Cisumdawu yakni Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka.

BACA JUGA:WAJIB TAHU! Ini Gerbang Tol yang Ada di Cisumdawu, Ada yang Belum Dibuka

Dengan adanya tol sepanjang 61,135 kilometer tersebut, perjalanan dari Bandung ke Kertajati menjadi lebih singkat yakni hanya 1 jam saja.

Tidak hanya itu, keberadaan dari Tol Cisumdawu juga diharapkan dapat menyokong kebutuhan konektivitas kawasan Segitiga Rebana.

Sempat Usul Perubahan Nama

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu sempat muncul usulan perubahan nama menjadi Tol Cisumjati, mempertimbangkan kondisi eksisting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: