WUUSS Ada Tol Cisumdawu Mudik Bandung - Cirebon Hanya 1 Jam, Sebagian Gratis

WUUSS Ada Tol Cisumdawu Mudik Bandung - Cirebon Hanya 1 Jam, Sebagian Gratis

Mudik lewat Tol Cisumdawu perjalanan Bandung - Cirebon hanya 1 jam. -Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu yang akan dibuka pada 15 April 2023 untuk arus mudik lebaran, bakal mempersingkat perjalanan Bandung - Cirebon.

Waktu tempuh perjalanan Bandung - Cirebon saat ini saat 2,5 jam via Kadipaten menyambung ke Seksi 3 Tol Cisumdawu dan 3 jam via Tol Cipali - Purbaleunyi, sebentar lagi akan berkurang drastis.

Dengan jarak tempuh hanya 61,135 kilometer mulai dari Cileunyi sampai Kertajati, waktu tempuh perjalanan akan semakin singkat. 

Karena itu, Tol Cisumdawu yang ditargetkan dapat rampung sebagian pada arus mudik lebaran ini, diharapkan dapat menjadi alternatif masyarakat untuk perjalanan dari Bandung ke arah Jawa Tengah (Jateng).

BACA JUGA:POTENSI MACET! Lalu Lintas Tol Cisumdawu dan Cipali Bertemu di Majalengka

Meski pada Seksi 5 nantinya hanya akan dioperasikan satu arah, karena badan jalan yang baru jadi sebagian. Diperkirakan tol ini akan rampung seluruhnya pada Mei mendatang. 

Kendati demikian, saat tahap awal beroperasi jalan tol ini belum dilengkapi dengan rest area. Mengingat masih belum dibangunnya fasilitas tersebut.

Pihak pengelola Jalan Tol Cisumdawu yakni PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) menyebut, SPBU dan rest area diperkirakan baru tersedia pada Desember 2023 nanti.

Direktur Teknik dan Operasional PT CKJT, Bagus Medi Suarso menyatakan bahwa pekerjaan saat ini fokus pada penyelesaian konstruksi di Seksi 5.

BACA JUGA:MENGGELIAT LAGI! 2 Kali Seminggu AirAsia Terbang Kertajati - Kuala Lumpur PP

"Seksi 4 sudah selesai konstruksi. Seksi 5 kita kejar tayang," kata Bagus Medi, dilansir radarmajalengka.com dari publikasi PT BIJB. 

Menurut Bagus Medi keterlambatan penyelesaian di Seksi 5 disebabkan sejumlah faktor. Diantaranya pembangunan jembatan dengan total panjang 1,90 kilometer.

Kendati demikian, pihaknya menargetkan seluruh konstruksi selesai April 2023 dan  dilanjutkan dengan uji laik fungsi (ULF) untuk selanjutnya dapat beroperasi fungsional pada awal Mei. 

Tetapi, pemerintah menghendaki Tol Cisumdawu selesai lebih cepat. Mengingat potensi kemacetan di ruas Jalan Raya Cirebon - Bandung setelah Cimalaka sampai Kadipaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: