BANDARA KERTAJATI Ramai Lagi, Ada Penerbangan Kertajati - Kuala Lumpur, Umrah dan Haji

BANDARA KERTAJATI Ramai Lagi, Ada Penerbangan Kertajati - Kuala Lumpur, Umrah dan Haji

Bandara Kertajati Majalengka akan kembali ramai dengan penerbangan setelah dibukanya rute ke Kuala Lumpur oleh Maskapai AirAsia Berhard, umrah dan Haji.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Maskapai AirAsia Berhard akan membua penerbangan langsung Bandara Kertajati - Kuala Lumpur pada Mei 2023 mendatang.

Rencananya, penerbangan dari Bandara Kertajati (KJT) ke Kuala Lumpur (KUL), akan diilakukan 2 kali dalam satu minggu dan beroperasi mulai 17 Mei sampai dengan 25 Oktober 2023.

Direktur PT Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB), Muhammad Singgih mengatakan bahwa bandara di Kabupaten Majalengka tersebut sudah siap.

"Penerbangan dijadwal 2 kali seminggu mulai 17 Mei sampai dengan 25 Oktober," kata Singgih, dalam siaran pers yang diterima radarmajalengka.com, Rabu, 5, April 2023.

BACA JUGA:MANTAP! Mulai 15 April Bandara Kertajati Layani Penerbangan Ini

Dijelaskan dia, pembukaan rute KJT - KUL tersebut sesuai dengan Surat Penetapan Pelaksanaan Rute Penerbangan Luar Negeri yang dikeluarkan ileh Direktorat Jenderal Perhubunga Udara (Ditjen Hubud), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada 30, Maret 2023.

Diungkapkan Singgih, selain surat dari Ditjen Hubdat, sebelumnya juga sudah ada Surat Edaran (SE) Nomor 25 tahun 2022, yang menetapkan bahwa Bandara Kertajati adalah entry point perjalanan luar negeri.

Bahkan, di wilayah Jawa Barat hanya Bandara Kertajati yang menjadi entry point perjalanan luar negeri dan di Indonesia hanya ada 15 bandara.

"Terkait dengan entry poin ini, menjadikan pelayanan di Bandara Kertajati semakin optimal," tutur Singgih, dalam keterangannya.

BACA JUGA:WADUH! Ada 3 Lokasi Tanah Bergerak di TOL CISUMDAWU, Target Mudik Terancam

Sebelumnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara, Maria Kristi Endah Murni menyatakan, dibukanya penerbangan AirAsia Berhard dari Bandara Kertajati Majalengka menjadi tanda bahwa industri penerbangan kembali pulih.

Terutama untuk penerbangan luar negeri atau internasional. Tentu saja, pembukaan rute ini diharapkan diikuti oleh maskapai lainnya.

"Ini jadi pertanda industri penerbangan Indonesia, terutama rute luar negeri sudah pulih sejak pandemi covid-19," kata Kristi, dalam rilis tertulis..

Dalam keterangannya, Kristi mengimbau agar Maskapai AirAsia senantiasa mematuhi aturan keselamatan dan keamanan penerbangan juga protokol kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: