INFO MUDIK: Tol Cisumdawu Dipakai Mudik, Nyambung ke Tol Cipali

INFO MUDIK: Tol Cisumdawu Dipakai Mudik, Nyambung ke Tol Cipali

Update pembangunan Tol Cisumdawu yang diharapkan dapat tersambung ke Tol Cipali saat arus mudik lebaran.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu akan dipakai sebagai salah satu jalur untuk mudik lebaran 2023, dari Bandung ke arah Kabupaten Majalengkang.

Kendati sudah masuk dalam ruas yang beroperasi fungsional, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan masih dalam tahap konstruksi di Seksi 5.

Diharapkan pembangunan Jalan Tol Cisumdawu dapat selesai sesuai dengan jadwal dan pada 15 April dapat digunakan oleh masyarakat.

Kendati di beberapa lokasi akan beroperasi hanya 1 jalur, karena kondisi konstruksi yang belum selesai seluruhnya.

BACA JUGA:INFO TERBARU: Tol Cisumdawu Dipakai Mudik, Rest Area Baru Jadi Desember

Dalam keterangannya, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono juga mengisyaratkan kemungkinan di 3 lokasi yang belum tuntas 100 persen pada jalur A dan B.

Ketiga lokasi tersebut berada di Seksi 5A dan 5B. Yakni Seksi 5A Desa Cipamekar, Seksi 5A Desa Cacaban dan Seksi 5B Desa Babakan Asem.

Pada Seksi 5A Desa Cipamekar kemungkinan akan diselesaikan 1 jalur untuk dipakai pemudik. Namun di Seksi 5A Desa Cacaban kemungkinan dapat selesai untuk jalur A dan B.

Sedangkan di Seksi 5B Babakan Asem, kemungkinan juga hanya 1 jalur yang dapat diselesaikan. Mengingat konstruksi jembatan ini, membutuhkan waktu cukup lama untuk selesai.

BACA JUGA:MASIH TANAH! Begini Penampakan TOL CISUMDAWU 12 Hari Menjelang Mudik

Sebagai gambaran, pembangunan jembatan yang dimulai akhir Februari sampai dengan awal April 2023, hanya selesai di 1 jalur.

Kendati demikian, seluruh ruas tol sepanjang 63,135 kilometer tersebut bakal tersambung pada pertengahan April ke Tol Cipali.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengungkapkan, kedatangannya untuk kembali melihat progres pembangunan Tol Cisumdawu yang rencananya akan dioperasikan untuk arus mudik dan balik.

Sebab, ruas tol tersebut sangat penting untuk menunjang kelancaran mudik lebaran 2023, terutama kendaraan dari arah Bandung ke Jawa Tengah (Jateng).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: