Kunjungan Pasien ke Puskesmas Menurun di Bulan Ramadan

Kunjungan Pasien ke Puskesmas Menurun di Bulan Ramadan

WARGA BEROBAT: Kunjungan pasien ke Puskemas Rajagalauh selama Bulan Ramadan mengalami penurunan tetapi tidak signifikan. -istimewa-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Tingkat kunjungan pasien  ke sejumlah puskesmas  pada Bulan Ramadan untuk mendapatkan layanan pengobatan mengalami penurunan. Tapi tidak signifikan dan jumlah  kunjungan tergolong masih cukup banyak.

Kepala Puskesmas Rajagaluh, Edi Kusnadi SKM MM menyebutkan, berdasarkan data kunjungan pasien di Puskesmas Rajagaluh pada 20-28 Februari 2023 total jumlah kunjungan mencapai 799 orang.

Terdiri dari  kunjungan ke UGD  sebanyak  107 orang, poli umum  372 orang  poli gigi 87 orang dan KIA 91 orang.  
Sedangkan pada 23 hingga 28 Maret 2023 total kunjungan mencapai 373 orang. Dengan rincian ke UGD 56 orang, poli umum 164 orang, poli gigi 55 orang KIA  21 orang dan layanan KB  12 orang.

“Meskipun Ramadan kunjungan pasien ke puskesmas masih cukup tinggi,” ujarnya.
Sementara Kepala Puskesmas Kertajati, Eha Julaeha SKM menyebutkan, tingkat kunjungan pada Bulan Ramadan rata-rata sebanyak 27 orang, dan  kunjungan pasien ke Pustu di Kertawinangun sebanyak 13 orang.

BACA JUGA:Diprediksi, Perbaikan Ruas Jalan Majalengka-Talaga-Cikijing Selesai Setelah Lebaran

BACA JUGA:UPDATE! Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April, Kemungkinan 1 Jalur dari Bandung ke Majalengka

Dijelaskan Eha, jam kerja Puskesmas selama Bulan Ramadan menyesuaikan sesuai dengan Surat Edaran Bupati, SE 02.02/528 tahun 2023 tentang penetapan jam kerja selama Bulan Ramadan 1444 Hijriyah untuk yang menetapkan 6 hari kerja.

Yakni, untuk Senin sampai Kamis dan Sabtu  masuk  kerja 07.30 s/d 13.30  dengan waktu istirahat  11.30  s/d 12.30  WIB. Kecuali Jumat istirahat pada pukul 11.30  hingga  pukul 12.30 WIB.

Terpisah, Kepala Puskesmas Munjul, Hj Nia Endah  Kurniasih menyebutkan, tingkat kunjungan pasien pada Bulan Ramadan memang ada penurunan  tapi tidak signifikan.

Disebutkan Hj Nia, kunjungan pasien pada Rabu (29/3) hingga pukul 09.10 WIB ada 32  pasien, sedangkan sebelum Ramadan jumlah kunjungan pasien ke Pusklesmas Munjul rata-rata perhari mencapai 80 orang.

BACA JUGA:4 Pemain Timnas Indonesia U20 Geruduk IG Ganjar Pranowo, Ada yang dari Majalengka, Mereka Kecewa!

BACA JUGA:IRONIS! Timnas Indonesia U-20 Batal ke Piala Dunia, Timnas Israel Tetap Main

Disebutkan dia, wilayah desa/kelurahan binaan Puskesmas Munjul terdiri dari enam kelurahan yakni Majalengka Kulon, Munjul, Cijati, Babakanjawa, Cikasarung, Tarikolot dan Desa Sidamukti.

“Puskesmas Munjul tetap  melayani pasien umum, tapi tidak maksimal dan buka pendaftaran sampai pukul 10.00 saja,” jelasnya. (ara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: