Sebagian TOL CISUMDAWU Hanya Jadi Setengah saat Mudik?

Sebagian TOL CISUMDAWU Hanya Jadi Setengah saat Mudik?

Beberapa ruas di Tol Cisumdawu diperkirakan hanya jadi setengah saat mudik lebaran 2023.-Apri Subroto/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu sempat dikeluarkan dari daftar jalan Tol yang beroperasi fungsional saat mudik lebaran 2023.

Dalam publikasi yang dilakukan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan sempat tidak masuk dalam proyeksi yang beroperasi fungsional saat mudik lebaran.

Namun, belakangan ruas Tol Cisumdawu sepanjang 28,2 kilometer yakni Seksi 4 sampai dengan 6, kembali masuk dalam rencana beroperasi fungsional.

Sehingga total ruas jalan tol yang beroperasi fungsional untuk arus mudik lebaran mencapai 12. Total panjangngya mencapai lebih dari 200 kilometer dari sebelumnya 189-an kilometer.

BACA JUGA:TOL CISUMDAWU Beroperasi 15 April, Ridwan Kamil: Mudik ke Cirebon Mungkin 1 Jam

Terbaru, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa pada tanggal 15 April 2023, Tol Cisumdawu akan beroperasi.

Tetapi, status saat beroperasi tersebut nantinya ditentukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR), meski hampir pasti berstatus fungsional.

Di sisi lain, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga menyatakan bahwa Tol Cisumdawu sangat diharapkan selesai sebelum arus mudik, sehingga dapat digunakan oleh masyarakat.

"Laporan dan statement kementerian (perhubungan), begitu sehingga alhamdulillah kita harapkan sebelum lebaran sudah bisa memperlancar urusan mudik," kata Ridwan Kamil, di Gedung DPRD Jawa Barat.

BACA JUGA:PENGUMUMAN: Ada 12 Jalan Tol Gratis untuk Mudik Nanti, di Mana Saja? Simak Daftarnya di Sini

Disampaikan Ridwan Kamil, pengoperasian penuh Tol Cisumdawu dapat memangkas waktu tempuh pemudik dari Bandung menuju Cirebon dan sebaliknya.

"Sehingga Cisumdawu bisa 100 persen digunakan orang dari Bandung mau mudik misal ke Cirebon tidak harus 3 jam lagi, mungkin cukup 1 jam, memotong lewat Cisumdawu. Kita syukuri mudah-mudahan sesuai dengan jadwal yang diharapkan," ujarnya.

Kondisi di Lapangan, Prioritas Jadi 1 Jalur

Kondisi terkini Jalan Tol Cisumdawu yang nampaknya perlu perhatian ekstra diantaranya di Seksi 5A Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: