LENGKAP! Tarif TOL CISUMDAWU Saat Ini, Sampai ke Majalengka Segini

LENGKAP! Tarif TOL CISUMDAWU Saat Ini, Sampai ke Majalengka Segini

Tarif Tol Cisumdawu lengkap yang sudah berlaku saat ini.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Daftar lengkap tarif Tol Cisumdawu yang sudah berlaku saat ini mulai dari Seksi 1 sampai dengan 3 atau Cileunyi ke Cimalaka.

Tarif Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan menjadi perbincangan, karena dianggap terlalu mahal. Sehingga mengundang reaksi di masyarakat.

Pasalnya untuk perjalanan melalui Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 32,55 kilometer, untuk kendaraan Golongan I harus membayar Rp 41.500.

Karenanya, pengenaan tarif tersebut menjadi sorotan dan dianggap tidak menjadi solusi bagi masyarakat untuk bepergian antara Sumedang - Bandung.

BACA JUGA:Saat Wagub Uu Ditugaskan Ridwan Kamil ke Majalengka, karena Jalan Maja - Cikijing Diteriakin Warga

Apalagi, bila digunakan untuk perjalanan yang sifatnya harian. Setidaknya, untuk kendaraan Golongan I harus membayar Rp 83 ribu pulang pergi.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit mengatakan, penetapan tarif tersebut sudah sesuai dengan kemampuan dan kemauan membayar masyarakat.

"Penetapan tarif masih di bawah kemampuan dan kemauan masyarakat," kata Danang, dalam keterangannya belum lama ini.

PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) juga memberikan penjelasan terkait hal ini. Menurut keterangannya, tarif ditetapkan setelah melalui pembahasan dengan berbagai pihak.

BACA JUGA:LAGI! Terjadi Longsor di TOL CISUMDAWU Seksi 4, Dekat Interchange Legok - Paseh, Ragu Target Mudik Selesai

"Penetapan tarif ini melewati proses panjang dengan diskusi dengan beberapa stakeholders dan pengamat ekonomi," katanya.

Selain itu, penetapan tarif juga sebagai bentuk pengembalian investasi, pemeliharaan dan tentunya pengembangan jalan tol ke depannya.

Melihat tarif yang diberlakukan saat ini, per kilometernya Tol Cisumdawu dikenakan Rp 1.247. Karenanya, saat beroperasi penuh nantinya.

Kemungkinan untuk perjalanan Cileunyi - Kertajati dengan jarak 62,60 kilometer membutuhkan biaya sekitar Rp 78 ribu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: