Progres TOL CISUMDAWU Menjanjikan, Dua Jembatan Hampir Selesai dan Tersambung ke Majalengka

Progres TOL CISUMDAWU Menjanjikan, Dua Jembatan Hampir Selesai dan Tersambung ke Majalengka

Progres konstruksi Tol Cisumdawu sudah signifikan dan diharapkan dapat dipakai mudik. -Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Progres konstruksi Tol Cisumdawu terlihat menjanjikan, terutama di 2 jembatan yang berada di Seksi 5A dan 5B.

Terlihat saat ini pembangunan Jembatan Kedondong sudah hampir selesai, dengan seluruh lantai hampir menuntaskan pembetonan. Hanya sedikit lagi di dekat abutment yang masih dalam pengerjaan.

Begitu juga di Jembatan Conggeang yang sedang merampungkan pemasangan balok girder untuk kemudian dilakukan pengecoran pada lantai jembatan. 

Proses pengerjaan di Jembatan Conggeang juga dilakukan secara simultan dengan pengecoran pada bagian yang sudah terpasang balok girder.

BACA JUGA:Beda 30 Menit Bayar Rp40 Ribu, TOL CISUMDAWU Nggak Worth Lah, Cadas Pangeran Ramai Lagi

Di ruas Seksi 5 Tol Cisumdawu sepanjang 14,9 kilometer, memang masih terdapat pekerjaan badan jalan yakni yang menghubungkan Jembatan Conggeang ke Jembatan Kedondong sepanjang kurang lebih 2 kilometer. 

Kemudian di ruas setelah Underpass Cibereuyeuh sampai ke Underpass Buahdua juga masih dalam proses pembentukan badan jalan. Namun, area dekat jembatan sepanjang 744 meter tersebut masih perlu waktu untuk diselesaikan.

Apalagi di dekat Underpass Ungkal yang juga masih pada area Seksi 5B, terjadi longsor dan masih dalam penanganan. Rencananya, bagian yang longsor tersebut akan dibangun jembatan.

Sedangkan area sekitar longsoran, akan dilakukan konstruksi untuk memperkuat tanah urugan agar tidak terjadi pergerakan lagi. 

BACA JUGA:INNALILLAHI, Pendaki Asal Cirebon Temukan Jenazah di GUNUNG TAMPOMAS, Ternyata Peziarah Meninggal Dunia

"Karena terus bergerak, jadi dibangun jembatan di tempat yang longsor dan di sekitarnya diperkuat," kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Terkait dengan target penyelesaian yang juga ikut mundur karena adanya kejadian longsor tersebut, Menteri Basuki tetap optimis pada arus mudik lebaran Tol Cisumdawu sudah bisa dipakai.

"Tapi ini akan selesai. Bisa dipakai mudik Lebaran," kata Menteri Basuki dalam pernyatannya. 

Dikatakan Basuki, Jalan Tol Cisumdawu sebenarnya sudah hampir selesai, terutama di Seksi 5B. Tetapi, karena ada kejadian longsor, sehingga target penyelesaian pun ikut mundur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: