TOL CISUMDAWU Diharapkan Maret Selesai, Mau Dipakai Mudik!

TOL CISUMDAWU Diharapkan Maret Selesai, Mau Dipakai Mudik!

Maret 2023 Tol Cisumdawu diharapkan sudah selesai karena akan dipakai mudik dan arus balik.-Ahmad Tea Channel-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Jalan Tol Cisumdawu yang masih dalam tahap percepatan konstruksi di Seksi 4 dan 5 diharapkan Maret 2023 dapat selesai, sehingga dapat dipakai untuk arus mudik dan balik lebaran 2023.

Sampai dengan Jumat, 3, Maret 2023, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan masih dalam upaya penyelesaian di Seksi 4 dan 5 yang berada di wilayah Kecamatan Cimalaka, Legok dan Conggeang hingga ke perbatasan Ujung Jaya. 

Di kedua seksi tersebut, pekerjaan mengalami tantangan cukup berat. Baik karena kondisi alam, maupun cuaca yang akhir-akhir ini turun hujan dengan intensitas tinggi. 

Bahkan di Seksi 5 terdapat pembangunan 2 jembatan yang terpanjang di Jalan Tol Cisumdawu yakni Jembatan Conggeang dan Kedondong.

BACA JUGA:KABAR MAJALENGKA: Kiper Timnas Indonesia U20 Daffa Fasya Ternyata Kelahiran Majalengka, Latihan di Inggris

Di tengah target percepatan itu, pembangunan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan ditargetkan dapat digunakan untuk mudik dan arus balik 2023.

Hal itu, sudah diungkapkan jauh-jauh hari oleh Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian saat berkunjung ke Cirebon. 

"Kemungkinan Tol Cisumdawu sudah bisa dipakai mudik, sebagai alternatif lalu lintas dari Bandung ke arah Cirebon dan sebaliknya," kata Hedy. 

Pada potret terkini, pembangunan Jalan Tol Cisumdawu di Jembatan Conggeang yang merupakan bagian dari Seksi 5A sedang memasuki tahap erection girder.

BACA JUGA:MESTI PUNYA NYALI! Inilah 6 Tempat Angker di Majalengka, Kalau Datang Tak Boleh Sombong

Pada pantauan visual, Kamis, 2, Maret 2023, terlihat hanya sisa 4 pier head dan 1 abutment yang belum terpasang balok girder.

Di pembangunan jembatan ini, juga dilakukan secara bersamaan pengecoran dasar pada lantai jembatan.

Peralatan seperti launcher girder hingga crane juga dikerahkan ke lokasi untuk mempercepat pemasangan. Sedangkan di bawah jembatan juga dilakukan perakitan balok girder.

Diharapkan pekerjaan di ruas ini dapat diselesaikan dalam waktu dekat, karena target pekerjaan tol berkejaran dengan pelaksanaan mudik dan arus balik lebaran 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: