SIMAK LAGI, Kata-kata Menteri Basuki Hadimuljono yang Yakin Tol Cisumdawu Beroperasi Akhir Bulan Februari

SIMAK LAGI, Kata-kata Menteri Basuki Hadimuljono yang Yakin Tol Cisumdawu Beroperasi Akhir Bulan Februari

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono yakin Tol Cisumdawu selesai pada akhir Februari 2023.-Kementerian PUPR-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu ditargetkan beroperasi oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, saat melakukan kunjungan ke Seksi 4 dan 5.

Akses Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang menghubungkan Bandung dengan Majalengka, saat ini memang tersisa di Seksi 4 dan 5 yang berada di wilayah Kecamatan Cimalaka, Legok dan Conggeang.

Selebihnya, Tol Cisumdawu sudah tuntas termasuk seksi 6 yang merupakan ruas akhir dari jalan tol sepanjang 62,60 kilometer tersebut. 

Sebagian akses tersebut sudah selesai dikerjakan dan beroperasi yakni Seksi 1 sampai dengan 3 atau Cileunyi sampai dengan Cimalaka, Sumedang.

BACA JUGA:10 HARI LAGI Target Tol Cisumdawu Beroperasi, Masih Banyak Jalan yang Tanah

Namun, di tengah target tersebut ada sejumlah keraguan bahwa pekerjaan konstruksi di Seksi 5 dapat selesai sesuai dengan target yang ditentukan. 

Sebab, melansir laporan terakhir Kementerian PUPR, progres konstruksi baru di angka 81 persen untuk Seksi 5A dan 84 persen untuk Seksi 5B.

Meski demikian, Menteri PUPR tetap yakin bahwa Tol Cisumdawu dapat diselesaikan dan beroperasi secara fungsional. Bahkan digunakan untuk mudik dan arus balik Lebaran 2023. 

Karena itu, Menteri Basuki terus mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu, terutama di Seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 km) dan Seksi 5A dan 5B Legok - Ujung Jaya (14,9 km).

BACA JUGA:PENAMPAKAN Calon Rest Area Terindah di Tol Cisumdawu, Pemandangan Gunung Ciremai dan Tampomas

“Akhir Februari ditargetkan fungsional. Seksi 4 ini sudah bagus, nanti akan ada taman. Kalau ada bentang alam seperti batuan di lereng biarkan, diperkuat saja supaya unsur geologisnya terlihat,” pesan Menteri Basuki.

Sementara itu pada Seksi 5A dan 5B, Menteri Basuki berpesan untuk memperhatikan kerapihan dan manajemen waktu. 

“Tolong manajemen waktunya ini diatur supaya lebih cepat selesai. Batu-batu yang nggak teratur juga dirapikan. Finalisasinya harus mulus biar jadi contoh yang baik,” tambah Menteri Basuki.

Menteri Basuki juga berpesan kepada para kontraktor pelaksana supaya saling bekerjasama demi mempercepat penyelesaian pembangunan. Supaya target fungsional jalan tol Cisumdawu dapat tercapai pada akhir Februari 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: