12 HARI LAGI Tol Cisumdawu Beroperasi, Ada Jalan yang Masih Tanah, Target Sulit Tercapai

12 HARI LAGI Tol Cisumdawu Beroperasi, Ada Jalan yang Masih Tanah, Target Sulit Tercapai

Tol Cisumdawu yang ditargetkan beroperasi akhir Februari 2023.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - 12 hari lagi Tol Cisumdawu ditarget sudah harus beroperasi secara fungsional atau tepatnya pada akhir Bulan Februari 2023.

Tetapi, target Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan beroperasi pada akhir bulan ini, sepertinya bakal sulit tercapai. Mengingat kondisi di lapangan yang masih jauh dari selesai. 

Seksi 5 menjadi fokus perhatian utama, karena pembangunannya cukup rumit di area ini. Bahkan sebagian akses main road yang berbatasan dengan Seksi 6 Ujung Jaya, masih belum selesai dikerjakan.

Meski secara progres sudah di atas 70 persen, tetapi banyak trase main road di Seksi 5 Kecamatan Legok dan Conggeang yang belum dilakukan pembetonan. 

BACA JUGA:INFO TERBARU Kapan Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh? Begini Kata-kata dari Menteri PUPR, Mohon Dibaca!

Yakni sebelum dan sesudah Jembatan Conggeang serta di sekitar Jembatan Kedondong. Pekerjaan di 2 area tersebut cukup rumit karena kondisi alam dan tanah labil. 

Panjang seksi 5 juga mencapai 14,90 kilometer. Karenanya sangat menentukan Tol Cisumdawu untuk dapat tersambung ke Kabupaten Majalengka

Seperti diketahui, target Tol Cisumdawu beroperasi secara fungsional diungkapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. 

Bahkan Basuki sepertinya sangat yakin Tol Cisumdawu dapat selesai akhir bulan ini, bahkan beroperasi secara fungsional. Terutama setelah melakukan inspeksi ke Seksi 4 dan 5. 

BACA JUGA:MELIHAT PERBATASAN Seksi 5 dan 6 Tol Cisumdawu yang Tersambung ke Majalengka, Sebagian Sudah Beres

Menteri Basuki mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni, PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu.

Terutama di Seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 km) dan Seksi 5A dan 5B Legok - Ujung Jaya (14,9 km) yang ditargetkan akhir Februari dapat beroperasi fungsional.

"Seksi 4 ini sudah bagus, nanti akan ada taman. Kalau ada bentang alam seperti batuan di lereng biarkan, diperkuat saja supaya unsur geologisnya terlihat," kata Menteri Basuki. "Sementara Seksi 5A dan 5B untuk memperhatikan kerapihan dan manajemen waktunya," pesan Menteri Basuki. 

Sementara itu, Presiden Direktur PT CKJT, Jusuf Hamka mengaku akan memperjuangkan Tol Cisumdawu agar dapat selesai sesuai dengan jadwal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: