BIJB Kertajati Resmi Jadi Embarkasi Haji, Muncul Desakan Tol Indramayu Kertajati

BIJB Kertajati Resmi Jadi Embarkasi Haji, Muncul Desakan Tol Indramayu Kertajati

BIJB Kertajati yang diusulkan menjadi embarkasi haji dibarengi usulan Tol Kertajati Indramayu.-Airnav Kertajati-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Ditetapkannya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten MAJALENGKA, dibarengi dengan desakan adanya Jalan Tol Indramayu Kertajati.

Desakan terkait dengan Jalan Tol Indramayu Kertajati tidak lepas dari keberadaan Asrama Haji Jawa Barat di Jalan Raya Pantura Lohbener, Kabupaten Indramayu.

Keberadaan jalan tol tersebut dapat mengkoneksikan Asrama Haji dengan BIJB Kertajati yang menjadi embarkasi dan debarkasi penerbangan haji di Kabupaten Majalengka.

Rencananya, BIJB Kertajati akan menjadi embarkasi dan debarkasi jamaah haji dari wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan.

BACA JUGA:Nasib Bandara Kertajati Bila Bandara Internasional Jadi Dikurangi, Ini yang akan Terjadi

Juga dari daerah tetangga sepeti Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang dan kemungkinan kabupaten atau kota di sekitarnya.

Karena itu, keberadaan jalan tol dianggap menjadi kebutuhan untuk akses dari Asrama Haji Jawa Barat menuju ke Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Sebab, bila melihat perkembangan yang terjadi, besar kemungkinan jalan raya arteri yang menghubungkan Majalengka dengan Indramayu sudah tidak representatif lagi. 

Penetapan BIJB sebagai embarkasi dan debarkasi haji sesuai dengan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 99 tahun 2023yang menetapkan KJT atau Bandara Kertajati sebagai salah satu dari 13 embarkasi dan debarkasi haji.

BACA JUGA:WADUH! Nasib Bandara Kertajati Bagaimana? Bandara Internasional Mau Dikurangi Jadi 15 Saja

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan kesiapannya mendukung Bandara Kertajati sebagai embarkasi dan debarkasi haji untuk tahun 2023.

"Siap, kan dari dulu juga siap. Yang tidak siap Tol Cisumdawu," ujar Ridwan Kamil, dilansir dari siaran pers BIJB, Kamis, 9, Februari 2023.

Terkait dengan Asrama Haji, Kang Emil mengaku sudah membahas dengan Direktorat Jenderal (Dirjen) Haji dan disampaikan bahwa hanya perlu perbaikan kecil di Asrama Haji Jawa Barat di Kabupaten Indramayu.

Hal serupa disampaikan Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat, Boy Hari Novian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: