Profil Tol Getaci, Calon Tol Terpanjang di Indonesia, Tembus Jabar dan Jateng Selatan

Profil Tol Getaci, Calon Tol Terpanjang di Indonesia, Tembus Jabar dan Jateng Selatan

Profil Tol Getaci yang akan dibangun dan menghubungkan Gedebage, Tasikmalaya dan Cilacap.-Kementerian PUPR-radarmajalengka.com

BANDUNG, RADARMAJALENGKA.COM - Jalan Tol Gedebage Tasikmalaya Cilacap (Getaci) bakal menjadi yang terpanjang di Indonesia bila tuntas dibangun dari Gedebage sampai dengan Cilacap.

Tol Getaci merupakan akses penghubung ke wilayah selatan Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng). Sehingga diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari Bandung sampai ke Tasikmalaya, bahkan ke Cilacap.

Sebab, saat ini waktu tempuh antara Bandung ke Tasikmalaya memakan waktu lebih dari 3 jam. Padahal jarak kedua daerah tersebut hanya sekitar 100 kilometer.

Dengan adanya Tol Getaci, tentunya perjalanan Bandung ke Tasikmalaya hanya akan memakan waktu 1 sampai dengan 2 jam saja.

BACA JUGA:Jalan Tol Tertua di Indonesia, Ternyata Ada di Lokasi Ini, Pernah Lewat?

Selain mempercepat perpindahan orang, akses tol ini juga diharapkan dapat mempermudah pergerakan barang. Sehingga dapat menunjang perekonomian di wilayah selatan.

Tidak kalah penting, akses tol tersebut juga diharapkan dapat mendongkrak pariwisata di wilayah selatan Jawa Barat.

Sebab, tidak hanya Bandung yang akan semakin mudah menuju ke Tasikmalaya dan sekitarnya. Daerah lain di sekitar Bandung yang juga terhubung ke jaringan tol, dapat mempercepat waktu tempuh perjalanannya.

Lalu, seperti apa Tol Getaci yang digadang-gadang bakal menjadi yang terpanjang di Indonesia? Simak profil berikut ini.

BACA JUGA:TERKINI! Tol Cisumdawu Hampir Selesai, Siap Dipakai Mudik Lebaran 2023

Tol Getaci melintasi dua provinsi yaitu Provinsi Jawa Barat sepanjang 171,40 km dan Provinsi Jawa Tengah sepanjang 35,25 km dengan total panjang 206,65 km, yang menjadikan jalan tol ini sebagai ruas jalan tol terpanjang di Indonesia.

Tol ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Tol Getaci terdiri dari 4 seksi yakni Seksi 1 Junction Gedebage – Garut Utara (45,20 km), seksi 2 Garut Utara - Tasikmalaya (50,32 km), seksi 3 Tasikmalaya – Patimuan (76,78 km), dan seksi 4 Patimuan – Cilacap (34,35 km).

Pembangunan jalan Tol dengan nilai investasi Rp56 triliun ini akan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama Gedebage – Tasikmalaya rencananya akan mulai dibangun pada tahun 2022 dan selesai di tahun 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: