3 Daerah di Majalengka yang Pernah Melahirkan Jawara Sakti Mandraguna

3 Daerah di Majalengka yang Pernah Melahirkan Jawara Sakti Mandraguna

Daerah di Majalengka yang pernah melahirkan sosok jawara tanggung dan sakti mandraguna.-Dokumentasi via Bolokotono Tv-radarmajalengka.com

Sekarang ini, Pencak Silat Pujungan dilestarikan sebagai bela diri di Desa Cengal lewat berdirinya Sanggar Seni Padepokan Buni Laya Kuda Putih. 

3. Desa Nunuk

Desa Nunuk sekarang bernama Desa Nunuk Baru yang ada di Kecamatan Maja. Konon desa ini adalah cikal bakal berdirinya Kerajaan Talaga Manggung.

BACA JUGA:Bukan Cuma Tiktok yang Jedag Jedug, Jalan Majalengka ke Cikijing Juga, Warga Protes dan Taman Pohon Pisang

Sebelum kerajaan tersebut memindahkan pusat kerajaan dan pemerintahannya di Talaga.

Karenanya, tidak heran bila terdapat banyak petilasan keramat di Desa Nunuk Baru. Terutama peninggalan Kerajaan Talaga Manggung.

Misalnya ada Makam Ibu Langen Sari yang ada di wilayah Desa tersebut. Menurut Abah Enda selaku Juru Kunci, dulunya Desa Nunuk adalah tempat kelahiran salah seorang istri Prabu Pucuk Umun.

Dari hasil pernikahan ini, melahirkan keturunan yakni Raden Arya Saringsingan. Kemudian setelah dewasa, Raden Arya menjadi Senopati di Kerajaan Talaga Manggung.

BACA JUGA:Kiri Jurang Kanan Tebing, Jalan Penghubung Antar Desa Rusak Lagi

Di Barat Daya Blok Nununk, terdapat petilasan Makam Keramat Mbah Hariang Bangga yang lebih dikenal dengan nama Prabu Ciung Wanara.

Itulah 3 daerah di Kabupaten Majalengka yang pernah melahirkan jawara sakti mandraguna dan terkenal di masa lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bolokotono tv