DULU ANGKER! Kini Puncak Jahim Jadi Wisata di Perbatasan Majalengka dan Ciamis

DULU ANGKER! Kini Puncak Jahim Jadi Wisata di Perbatasan Majalengka dan Ciamis

Pemandangan di Puncak Jahim di perbatasan Kabupaten Majalengka dan Ciamis.-Dimas Pri Antoni/Ist-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Puncak Jahim dulu dikenal angker dengan beragam cerita mistis yang kerap menyelimutinya. Tetapi, kini kawasan tersebut sudah menjadi destinasi wisata, sekaligus rest area bagi pengendara.

Ya, perjalanan dari Kabupaten Majalengka ke Ciamis memang harus lewat rute ini, karena tidak adanya alternatif yang lain. Karenanya, area ini juga semakin ramai, dan bermunculan lah spot foto juga wisata yang menarik.

Puncak Jahim berada di ketinggian sekitar 1.1000 meter di atas permukaan laut (MDPL) dan lokasinya dikelilingi dengan hutan pinus, juga pemandangan khas dataran tinggi.

Karenanya, selain sekadar singgah, kini muda-mudi di sekitar Kabupaten Ciamis dan Majalengka, kerap menjadikannya sebagai tempat berwisata maupun sekadar berfoto dengan pemandangan alam yang indah.

BACA JUGA:BAKAL JADI KENYATAAN! Tol Kertajati Indramayu, Menyambung ke Tol Cisumdawu, Bupati Nina Minta 2023

Pemandangan alam hutan pinus Puncak Jahim Kabupaten Ciamis menjadi salah satu tempat yang harus Anda kunjungi kalau dalam perjalanan dari Majalengka atau sebaliknya.

Tempat ini populer di kalangan warga untuk menjadi rest area atau tempat beristirahat setelah menempuh perjalanan jauh. Puncak Jahim terletak di kawasan perbatasan, di Jalan Raya Sukamantri, Ciamis-Majalengka, Jawa Barat.

Jalan ini dijadikan jalur alternatif bagi warga Ciamis dan Tasikmalaya menuju dan sekitar Cirebon. Wisatawan asal Ciamis atau Majalengka, khususnya anak muda, biasanya berkunjung pada akhir pekan.

Ada wisatawan sengaja datang untuk memotret keindahan alam Puncak Jahim Ciamis. Bahkan ada rombongan keluarga yang sengaja membawa nasi dan makan bersama di area hutan pinus.

BACA JUGA:WOW! Indramayu Bakal Punya Tol, Nyambung dari Kertajati dan Cisumdawu

Lokasi ini, juga memiliki satu tempat bersejarah yaitu Batu Panjang. Tempatnya sekitar 50 meter dari jalan raya. Situs Batu Panjang memiliki keunikan tersendiri. Ada beberapa batu besar yang berbentuk elips dan persegi. 

Tidak perlu khawatir untuk tiket masuk, karena tidak ada tarif untuk dapat masuk ke area wisata ini. Tapi, terdapat beberapa warung penjual makanan dan minuman untuk sekadar melepas lelah.

Beraneka ragam jajanan bisa dibeli dengan harga terjangkau. Istirahat menyatap makanan disana sambil menikmati udara segar dengan pemandangan pohon pinus yang tumbuh sudah berpuluh tahun bisa dijadikan spot foto yang menarik.

Selain Jahim Pass, wisatawan bisa menikmati keindahan Perkebunan Sukamantri. Mengingat daerah ini merupakan salah satu daerah pertanian di Kabupaten Ciamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: