PENTING NIH! Cirebon Bandung Lewat Tol Cisumdawu dan Cipularang, Lebih Cepat Mana?

PENTING NIH! Cirebon Bandung Lewat Tol Cisumdawu dan Cipularang, Lebih Cepat Mana?

Perjalanan Cirebon Bandung lewat Tol Cisumdawu dibandingkan dengan Tol Cipularang.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

Sebab, pengendara hanya membayar tol di akses Tol Cipali dan keluar ke Gerbang Tol Kertajati. Kemudian masuk Tol Cisumdawu via Seksi 3 dan hanya membayar di Seksi 1, karena seksi 2 dan 3 masih gratis.

BACA JUGA:SEGAR! Ada Wisata Air Majalengka Dekat Tol Cisumdawu Loh, Bisa Foto dengan Ikan

2. Cirebon Bandung via Tol Cipularang

Secara umum, perjalanan lewat Tol Cipularang memang memutar karena menempuh jarak sekitar 211 kilometer dan lebih mahal.

Pasalnya, sebagian besar jalan yang dilewati adalah tol. Yakni dimulai dari Tol Cipali, berlanjut ke Tol Cipularang lalu masuk ke Bandung.

Perjalanan lewat rute ini memakan waktu 3 jam 25 menit dengan biaya lebih mahal Rp 137.500 ketimbang menggunakan Tol Cisumdawu.

Secara lalu lintas, akses via Tol Cipularang memang jauh lebih terjamin dari segi ketepatan waktunya lantaran minim bertemu dengan jalur arteri.

BACA JUGA:TAKUT, Sopir Truk Tronton Tak Mau Lewat Tol Cisumdawu, Katanya Ngeri

Tetapi, tentu saja ceritanya akan berbeda kalau Jalan Tol Cisumdawu sudah seluruhnya terhubung dari Bandung ke Majalengka.

Dengan jarak 142 kilometer, tentu saja waktu tempuh dari Bandung ke Cirebon paling lama 1,5 jam saja. Sedangkan dari Kabupaten Majalengka ke Bandung, berkisar antara 45 sampai 60 menit saja.

Karena itu, mari kita nantikan Jalan Tol Cisumdawu seluruhnya tersambung. Menurut Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, target saat ini adalah Tol Cisumdawu tersambung 100 persen pada akhir Februari 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: