Tinggal Sedikit Lagi, Tol Cisumdawu Seksi 6 Sudah Selesai

Tinggal Sedikit Lagi, Tol Cisumdawu Seksi 6 Sudah Selesai

Tol Cisumdawu ditargetkan beroperasi Februari 2023, bahkan Seksi 6 sudah 100 persen.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Progresm pekerjaan Tol Cisumdawu di Seksi 6A dan 6B menggembirakan karena hampir mencapai 100 persen.

Di tengah target yang ditetapkan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Tol Cisumdawu Seksi 6B bahkan sudah selesai 100 persen, sehingga hanya tinggal menantikan pekerjaan di Seksi 4 dan 5.

Bila berjalan sesuai dengan rencana, akses Tol Cisumdawu tersebut tuntas dan dapat dilaksanakan uji coba pada akhir Februari mendatang.

Target Menteri PUPR tersebut disampaikan di hadapan Rapat Kerja DPR RI. Dirinya akan mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk mempercepat pekerjaan.

BACA JUGA:DAM Hadirkan Promo di Pameran Honda Jabar Virtual Expo

Tidak hanya itu, target yang dipasang adalah di akhir Februari 2023, jalan tol tersebut sudah sepenuhnya terhubung dan masyarakat tidak lagi melewati jalur arteri.

Pasalnya, saat ini perjalanan Cirebon ke Bandung dan sebaliknya masih harus menggunakan Jalan Raya Cirebon Bandung atau via Cimalaka.

Menteri PUPR menambahkan, dengan panjang 62 kilometer, tetapi Tol Cisumdawu sangat penting untuk menunjang akses ke berbagai infrastruktur lainnya.

Misalnya, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Pelabuhan Patimbang sampai ke wilayah Ciayumajakuning.

BACA JUGA:SURGA PARA PEMULA, 8 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah

Beroperasinya Bandara Kertajati tentu saja akan berdampak signifikan terhadap wilayah III Cirebon, karena akan menghadirkan geliat perekonomian baru.

"Mudah-mudahan Tol Cisumdawu ini secara total bisa kita operasikan akhir Februari tahun ini," kata Menteri Basuki, di hadapan anggota DPR RI.

Seperti diketahui, Seksi 3 sampai 6 Tol Cisumdawu dikerjakan oleh BUJT dengan panjang 33,21 kilometer.

Seksi 3 mencakup Sumedang - Cimalaka dengan panjang 4,05 kilometer sudah tuntas 100 persen dan beroperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: