Majalengka Raih Penghargaan EV-DCI, Indeks Daya Saing Digital Tertinggi

Majalengka Raih Penghargaan EV-DCI, Indeks Daya Saing Digital Tertinggi

PENGHARGAAN LAGI: Kabupaten Majalengka kembali dianugerahi penghargaan East Ventures–Digital Competitiveness Index (EV-DCI) sebagai kabupaten/kota dengan indeks daya saing digital tertinggi.--

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.ID - Di pengujung tahun 2022, Kabupaten Majalengka melalui Dinas Komunikasi dan Informatika kembali dianugerahi penghargaan East Ventures–Digital Competitiveness Index (EV-DCI) sebagai kabupaten/kota dengan indeks daya saing digital tertinggi yang dipilih Katadata Insight Center (KIC) bersama East Ventures (EV) sebagai perusahaan modal Ventures terkemuka di Asia Tenggara.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Majalengka mewakili Bupati Dr H Karna Sobahi MMPd menerima penghargaan dari Katadata.co.id pada acara Regional Summit 2022, di Aryanusa Ballroom Menara Danareksa Jakarta Pusat, Kamis (1/12) malam lalu.

Katadata Insight Center (KIC) dan East Ventures, perusahaan venture capital pelopor investasi startup teknologi di seluruh bidang (sector-agnostic) dan paling aktif di Indonesia memberikan penghargaan kepada 6 provinsi dan 21 kota/kabupaten peraih pertumbuhan indeks tertinggi dalam EV-DCI 2022.

EV-DCI merupakan pemetaan daya saing digital daerah yang dibentuk dari 3 sub-indeks, 9 pilar, dan 50 indikator. Sub indeks pembentuknya adalah input, output, dan penunjang. Adapun pilar pembentuknya, yaitu sumber daya manusia, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), pengeluaran TIK, perekonomian, kewirausahaan, produktivitas, ketenagakerjaan, infrastruktur, keuangan dan regulasi serta kapasitas pemerintah daerah (pemda).

BACA JUGA:Dukungan Terus Mengalir, Kawal Karna SobPenghargaan EV-DCI, ahi dan Irfan Nur Alam

Penghargaan EV-DCI diberikan dalam ajang Regional Summit yang merupakan event tahunan dari Katadata. Event yang telah berjalan sejak 2020 ini bertujuan mempertemukan para stakeholder, di tingkat pemerintah pusat dan daerah, pelaku bisnis dan civil society untuk berkolaborasi mewujudkan tujuan pembangunan daerah berkelanjutan.

Kepala Diskominfo Kabupaten Majalengka H Gatot Sulaeman AP MSi mengatakan, penghargaan yang diraih Kabupaten Majalengka berkat implementasi program dan inovasi unggulan Bupati Dr H Karna Sobahi MMPd.

Salah satunya terkait dengan implementasi IT seperti Majalengka Quick Respon 112, pelayanan pendaftaran online di dua rumah sakit pemerintah serta penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) guna menunjang pelayanan di pemerintahan.

“Alhamdulillah tentunya penghargaan ini berkat inovasi dan program bapak bupati dalam digitalisasi untuk peningkatan pelayanan pemerintahan dan kemudahan pelayanan bagi masyarakat," tandas Gatot, Senin (5/12).

BACA JUGA:Bersiap Sensus Pertanian 2023, BPS Majalengka Gelar Rakor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: