Warga Desa Putridalem Gelar Sedekah Bumi

Warga Desa Putridalem Gelar Sedekah Bumi

TRADISI: Acara sedekah bumi digelar di Dusun Kaputren Desa Putridalem Kecamatan Jatitujuh, beberapa waktu lalu. -Almuaras-Radarmajalengka.com

Radarmajalengka.id, MAJALENGKA - Menjadi tradisi menjelang  awal memasuki masa tanam padi, acara sedekah bumi digelar di Dusun Kaputren  Desa Putridalem Kecamatan Jatitujuh, beberapa waktu lalu.

Kegiatan tradisi warga setempat dihadiri Camat Jatitujuh, Ikin Asikin, Muspika Jatitujuh, Kepala Desa Putridalem beserta perangkatnya.

Tokoh masyarakat setempat, Dedi  Junaedi  menyebutkan, pada sedekah bumi ini masyarakat membawa aneka makanan dan minuman  ke lokasi acara. Warga saling berbagi makanan secara sukacita  dengan penuh kekeluargaan  dan kebersamaan.

“Kegiatan tradisi ini hakekatnya adalah syukuran kepada Allah SWT atas musim tanam yang telah tiba. Nilai utamanya berbagi satu sama lain bagi masyarakat, saling memberi, saling merasa, dan saling memiliki desa yang ditempati.

BACA JUGA:Dukung Pelajar Semakin di Depan, Yamaha Resmikan Kelas Khusus di SMK ICB Cinta Teknika, Bandung

Dan  Dusun Kaputren, Putridalem, Jatitujuh masih memelihara tradisi seperti itu,” kata Wa Kijoen, panggilan akrab budayawan asal Kecamatan Jatitujuh ini.

Selain  sedekah bumi juga acara yang digelar berupa munjung  bertempat di Balai Desa Putridalem. Selanjutnya pada Selasa mendatang akan digelar festival apem.
“Acara tradisi turun temurun yang tiap tahun digelar masih dilakukan warga Kaputren Desa Putridalem,” ujarnya.

BACA JUGA:Rupa Kemeriahan Fazzio Youth Project (FYP), Buktikan Teknologi Hybrid Melalui Hybrid Digital Challenge

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: