Kapasitas Ruang Tahanan Lapas Overload

Kapasitas Ruang Tahanan Lapas Overload

KUNKER: Wamenkumham RI, Eddy Omar Syarif Hiariej melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Majalengka, Rabu (24/8).--

Radarmajalengka.id, MAJALENGKA - Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) RI, Eddy Omar Syarif Hiariej melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Majalengka, Rabu (24/8).

Dalam kunjungannya, wamen meninjau sejumlah fasilitas sarana dan prasarana serta ruang tahanan para napi.
Di sela-sela kunjungannya, Kepala Lapas Majalengka, Suparman mengadu perihal kapasitas ruang tahanan yang sudah melewati batas.

Diketahui, dari daya tampung 84 orang, saat ini ada sekitar 382 napi yang menempati ruang tahanan di lapas tersebut.

Menanggapi hal itu, Eddy mengaku telah menyampaikan kepada Asisten Administrasi (Asda) Pemda Majalengka yang saat kunjungan turut hadir untuk memberikan lahan yang bisa menampung seluruh napi.

BACA JUGA:Keluhkan Tunjangan BPD Minim

"Over kapasitasnya hampir empat kali lipat yah. Ini saya sudah menyampaikan kepada Ibu Asisten Administrasi dari Setda Majalengka, mungkin, kita bisa diberi lahan untuk bisa membangun lapas. Karena cukup memperihatinkan dengan jumlah tahanan dan napi yang begitu besar sampai empat kali lipat," ujar Eddy kepada media selepas kunjungan, Rabu (24/8).

Kendati luas lahan lapas yang kecil, jelas dia, aktivitas di Lapas Majalengka cukup produktif. Di mana, ada program binaan yang dilakukan lapas kepada para narapidana untuk membuat kerajinan yang saat ini sudah tembus ke pasar ekspor.

"Meskipun lapasnya kecil tapi aktivitasnya cukup produktif, karena ada kerajinan yang diekspor, artinya apa warga binaan mendapatkan pembinaan sebagaimana yang kita harapkan," ucapnya.

Sehingga program tersebut, kata Eddy, membuat narapidana bisa memiliki bekal ketika bebas nanti. "Jika nanti selesai masa pembinaan, bebas kembali ke masyarakat Insya Allah, mereka bisa bermanfaat bagi masyarakat," jelas dia.

BACA JUGA:Pelatihan Safety Riding untuk Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI)

Kepala Lapas Majalengka, Suparman berterima kasih kepada wamenkumham atas kunjungannya ke Lapas Majalengka. Pasalnya, pejabat setingkat Kumham dianggap baru pertama kali dilakukan oleh Eddy.

"Tentunya banyak-banyak terima kasih kepada Wakil Menteri atas kunjungannya. Soal kapasitas lapas yang overload juga tadi saya sudah sampaikan ke pak wakil. Semoga saja dengan kedatangan pak wakil, bisa menjadi atensi beliau. Dan, tadi juga ada perwakilan dari pemerintah daerah agar bagaimana bisa menyiasati batas kapasitas di Lapas Majalengka," kata Suparman.

BACA JUGA:Kurang Satu Bulan Satres Narkoba Polres Majalengka Ungkap 8 Kasus Narkotika dan 9 Orang Tersangka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: