Yamaha_detail

Majalengka Miliki Mi Kocok Legendaris

Majalengka Miliki Mi Kocok Legendaris

Mi Kocok kuliner yang laris di Kabupaten Majalengka. -Ono Cahyono-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com, MAJALENGKA – Di sejumlah daerah memiliki makanan khas. Tak terkecuali di Majalengka yang sudah lama terkenal menu makanan mi kocok dengan hidangan bercitarasa kaldu sapi yang khas.

Hidangan yang terdiri dari mi kuning yang disajikan dalam kuah kaldu sapi kental, irisan kikil, tauge, bakso, jeruk nipis, dan ditaburi irisan seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Ada beberapa resep mungkin menambahkan babat sapi.

Mi kocok dari Majalengka ini merupakan makanan legendaris. Konon sudah ada sejak tahun 1969 silam atau digadang-gadang yang pertama di Kota Angin.

Ini adalah mi kocok Ucup yang berada di Bundaran Cigasong, Kecamatan Cigasong, mi kocok Jana yang biasa berjualan di Perempatan Pasar Mambo, di pusat Majalengka.

BACA JUGA:Turnamen Sepakbola Gemah Bhakti Cup Diikuti 25 Klub

BACA JUGA:Smansa Ingin Jadi Sekolah Unggul dan Bermartabat

Kedua mi kocok ini memiliki kekhasan rasa dan penampilan masing-masing. Keduanya juga cukup diminati banyak konsumen tetapnya, terlebih mereka yang fanatik dengan rasa.

"Saya melanjutkan usaha orang tua yang sudah meninggal. Mi saya menggunakan mi basah yang dibuat sendiri hingga rasanya khas, campurannya toge dan irisan kol," tutur Jana (60).

Menurutnya, ayam yang dipergunakan adalah ayam kampung berukuran besar yang dikerat. Namun bisa juga memesan sayap atau yang lainnya selama masih tersedia. Air kuahnya mi ini menggunakan santan sehingga berwarna susu.

"Dengan begitu, rasanya lebih gurih lagi karena rasa bawang goreng yang asli dan banyak serta bawang daun dan seledri yang hampir sama dengan mi koclok Cirebon," ungkap Jana.

BACA JUGA:Kecelakaan Maut di Kabupaten Cirebon, Mahasiswa Terlindas Truk Usai Disenggol ABG

BACA JUGA:Kapolres Majalengka Janji Tindak Tegas Anggota Terlibat Narkoba

Ia mengatakan penyajian mi miliknya itu harus menggunakan piring. Sehingga lebih terlihat betul irisan ayam, air sup yang berwarna putih serta seledri dan bawang gorengnya.

Berbeda dengan mi Jana, mi kocok Ucup terdiri dari bahan ayam broiler, mi keriting serta kol yang diiris kecil. Kuahnya selain sup, ada kaldu putih kental yang dimasukkan saat akan disajikan dan diguyur air sup.

Sumber: