Puasa Arafah di Idonesia, Idul Adha Berbeda dengan Arab Saudi, Harus Bagaimana?

Puasa Arafah di Idonesia, Idul Adha Berbeda dengan Arab Saudi, Harus Bagaimana?

Radarmajalengka.com, JAKARTA - Puasa Arafah di Indonesia harus dilaksanakan tanggal berapa, sehubungan perbedaan dengan Idul Adha di Arab Saudi.

Puasa Arafah di Indonesia tentu mengikuti ketentuan pelaksanaan Idul Adha. Meski idealnya dilaksanakan berbarengan dengan wukuf.

Perbedaan Idul Adha dengan Arab Saudi, lalu puasa Arafah di Indonesia harus dilaksanakan tanggal berapa?

Untuk menjawab kebingungan ini, Ustadz Adi Hidayat memberikan penjelasannya. Agar masyarakat tidak lagi kebingungan.

BACA JUGA:Remaja Mesum di Kamar Mandi TK Bikin Geger, Direkam Pakai HP

Seperti diketahui, hasil sidang isbat dari Kementerian Agama (Kemenag), diputuskan bahwa 1 Dzulhijah jatuh pada hari Jumat, 1, Juli 2022.

Dengan demikian, Idul Adha, jatuh pada 10, Juli 2022 atau hari Minggu. Berbeda dengan Arab Saudi.

Beberapa negara Arab, seperti Arab Saudi, puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah jatuh di hari sebelumnya, Jumat 8 Juli 2022.

Meski terjadi perbedaan, Ustaz Adi Hidayat dalam sebuah ceramah terkait puasa Arafah, memberikan tuntunan yang sangat baik dan dianjurkan untuk ditunaikan.

BACA JUGA:Prabu Siliwangi Beragama Islam, Ustadz Adi Hidayat Mengungkap Hal Ini

Ustadz Adi Hidayat menyebut, satu hari di bulan Dzulhijjah terdapat satu waktu dan momen, memiliki rangkaian ibadah yang sangat spesifik, yakni puasa Arafah.

"Nabi pernah memberikan informasi sejak 14 abad lalu bahwa hari ini menjadi spesial dengan satu ibadah yang sangat spesifik, yang disebut oleh beliau Syiam.

"Yakni puasa yang ditunaikan sesuai ketentuan syariat. Beliau mengatakan (membacakan hadist Nabi) yang artinya; 'Sungguh, puasa yang ditunaikan di hari yang bertepatan dengan momentum Arafah, aku berharap pahalanya di sisi Allah SWT bisa menggugurkan dosa-dosa setahun berlalu dan menjaga perbuatan dosa setahun yang akan datang," beber Ustaz Adi Hidayat.

Lulusan S2 Islamic Call College di Libya itu menjelaskan, puasa tanggal 9 Dzulhijjah dinamakan sebagai puasa Arafah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: