Yamaha_detail

Ki Buyut Syawal, Makam Kuno di Kesenden yang Misterius

Ki Buyut Syawal, Makam Kuno di Kesenden yang Misterius

Ki Buyut Syawal, salah satu makam kuno di Kelurahan Kesenden, Kota Cirebon. -Dedi Haryadi-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com, CIREBON - Ki Buyut Syawal disebutkan sebagai salah satu dari leluhur yang ada di makam kuno, Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon.

Tetapi, hingga saat ini tidak diketahui siapa Ki Buyut Syawal sesungguhnya. Nama tersebut juga hanya dikenal warga setempat. BACA JUGA:Disparbud Gelar Aneka Lomba Khas Majalengka

Salah satu pengurus makam, Slamet mengungkapkan, Makam Ki Buyut Syawal diamanatkan oleh orang tuanya untuk dirawat.

Karenanya, hingga kini keberadaannya masih dipertahankan bersama dua makam lainnya. Lokasinya, berada di tengah permukiman warga dan harus masuk ke gang sempit.

BACA JUGA:Cegah Stunting, Dinkes Lakukan Pemberian TTD pada Remaja

"Saya sendiri tidak tahu. Tapi orang tua pesan turun temurun, ini makam Ki Buyut Syawal bin Antarwulan," kata Slamet, Jumat (17/6/2022).

Ki Buyut Syawal tersebut juga tidak diketahui jejak sejarahnya. Masyarakat setempat hanya tahu bahwa ada makam kuno di tengah kawasan permukiman tersebut.

"Tidak ada yang tahu persis makam tersebut sejak kapan. Di sini ada tiga makam kuno," kata Slamet.

Slamet juga mengaku, tidak mengetahui mana makam Ki Buyut Syawal yang sesungguhnya. Pasalnya, ada tiga makam dengan salah satunya paling tinggi.

BACA JUGA:Disparbud Gelar Aneka Lomba Khas Majalengka

"Ini ada tiga makam. Mungkin yang ini," kata Slamet, mengira-ngira terkait sosok yang disebutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, di Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon terdapat sejumlah makam dan situs kuno keramat dan bersejarah.

Namun beberapa diantara makam kuno di Kelurahan Kesenden, Kota Cirebon kondisinya tidak terawat.

Pantauan di lokasi saat mengikuti jelajah makam dan situs keramat di Kelurahan Kesenden, Kota Cirebon, Jumat (17/6/2022) terdapat sebanyak 8 makam.

Sumber: