Masyarakat Desa Banjaran Dilatih Tanggap Darurat Bencana

Masyarakat Desa Banjaran Dilatih Tanggap Darurat Bencana

PELATIHAN: Simulasi penanganan kebakaran dilaksanakan di halaman Kantor Desa Banjaran, Kecamatan Maja, Rabu (15/6). --

Radarmajalengka, MAJALENGKA- Masyarakat di Desa Banjaran Kecamatan Maja, mengikuti pelatihan tanggap darurat bencana. Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Aula Desa Banjaran, Rabu (15/6) menghadirkan narasumber Petugas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Majalengka.

Dede Hermawan Petugas Pemadam Kebakaran mengatakan di Kabupaten Majalengka baru dua desa yang melaksanakan pelatihan ini, dan salah satunya adalah Desa Banjaran Kecamatan Majalengka.

Oleh sebab itu, pihaknya sangat mengapresiasi terhadap Pemerintah Desa Banjaran Kecamatan Maja. Apalagi dalam pelatihan ini, pemerintah desa langsung mengalokasikan anggaran dana desa untuk pelatihan.

"Semoga ke depannya Desa-desa di Kecamatan Maja, khususnya di Kabupaten Majalengka bisa meniru atau bisa melaksanakan edukasi atau pelatihan tanggap darurat kebakaran,” katanya.

BACA JUGA:Naik Motor Tidak Boleh Memakai Sandal Jepit, Begini Kata Korlantas Polri

Adapun materi yang diberikan, dalam pelatihan ini, mengenai pencegahan dan pengendalian serta penanggulangan.
Dede berharap dari hasil edukasi ini, masyarakat atau pemerintah desa bisa melaksanakan pencegahan dini terhadap bencana kebakaran di wilayah masyarakat.

"Sesuai dengan amanat Permendagri Tahun 2019 berkaitan dengan standardisasi sarana prasarana pemadam kebakaran di daerah. Bahwa di setiap pemerintah desa kecamatan harus terbentuk relawan. Oleh karena itu kami arahkan, dana desa itu sebagian dialihkan atau dianggarkan untuk bahaya kebakaran,” katanya.

Kepala Desa Banjaran Endoy Hidayat SE mengatakan bahwa selain pelatihan, untuk mengantisipasi bencana kebakaran, pemerintah desa telah menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) bagi masyarakat. Dengan tujuan agar pemerintahan desa dan  masyarakat mampu mengatasi masalah kebakaran secara mandiri.

BACA JUGA:Karakter Khodam Macan Putih dari Curug Sawer Majalengka, Ngeri-ngeri Sedap

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan, minimalnya masyarakat mampu mengatasi kebakaran di lingkunganya, serta dapat memberikan pemahaman secara mendetail  terkait mengatasi maupun mengantisipasi kebakaran,” jelasnya.

Sementara itu, mewakili pihak kecamatan, Kepala Seksi Ketenteraman dan Ketertiban Umum Kecamatan Maja Suryadi SE menilai pelatihan ini sangat berguna bagi masyarakat.

Di Kecamatan Maja sejauh ini, baru Desa Banjaran yang menggunakan dana desa untuk memfasilitasi pelatihan penanggulangan bencana alam. "Di Kecamatan Maja ada 18 desa. Insya Allah desa lainnya di Kecamatan Maja bisa ikut dan bisa dianggarkan untuk tahun depan,” harapnya. (bae)

BACA JUGA:Katalog Offline

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: