Pemcam Leuwimunding Kumpulkan 55 Labu Darah

Pemcam Leuwimunding Kumpulkan 55 Labu Darah

BAKSOS BERHADIAH: Camat Leuwimunding Aay Kandar Nurdiansyah SSTP didampingi Kepala Desa Leuwikujang menyerahkan hadiah doorprize kepada warga yang mendonorkan darahnya. --

Radarmajalengka, MAJALENGKA - Momentum hari jadi (Harjad) ke-532 tahun Majalengka, pemerintah kecamatan (pemcam) menyelenggarakan kegiatan bakti sosial (baksos) donor darah. Dalam baksos tersebut juga pemerintah menyediakan doorprize bagi peserta yang memberikan kontribusinya bagi Palang Merah Indonesia (PMI) Majalengka.

Camat Leuwimunding, Aay Kandar Nurdiansyah SSTP menyebutkan dalam kegiatan yang diestimasikan menghadirkan lebih dari 50 orang warga umum tersebut justru membludak dengan kehadiran peserta mencapai 76 orang.

"Dari 76 orang itu 21 orang tidak bisa donor karena masalah tensi hingga kesehatan lainnya. Sehingga hanya bisa mendapatkan 55 labu. Alhamdulillah kami masih bisa berkontribusi aktif terhadap keberlangsungan stok darah di PMI Majalengka," kata Aay diruang kerjanya, Senin (13/6).

BACA JUGA:Jahat Enak

Pihaknya mengaku, kegiatan donor darah untuk menarik antusiasme masyarakat tersebut diberikan doorprize kepada warga yang mendaftar secara gratis. Hadiah tersebut disupport dari para pengusaha setempat yang berperan aktif dalam memperingati Harjad Majalengka tahun 2022 ini.

Doorprize berupa perlengkapan rumah tangga, elektronik, kerajinan asli Leuwimunding, barang Kelontongan. Pihaknya mengapresiasi kepada donatur yang mensupport kegiatan ini seperti toko kelontongan, toko modern, toko fashion, toko anyaman dan lainnya.

"Hadiah seperti perlengkapan rumah tangga, ada magic com, kipas angin, termos dan lain lain. Semua peserta donor juga dapat dapat hadiah ada dari tas belanja dan barang elektronik lainnya," kata Aay.

BACA JUGA:Bersama Blue Core Hybrid, Yamaha Siap Layani Konsumen di Jakarta Fair Kemayoran 2022

Mantan ajudan bupati era Hj Tuti ini menambahkan, Kecamatan Leuwimunding menjadi penyumbang aktif donor darah ke PMI Majalengka setiap tiga bulannya. Itu dibuktikan dengan menjadi target PMI untuk mendapatkan donor darah.

"Itu bisa terjadi tiga sampai empat kali dan rutin donor. Bahkan di desa-desa ada yang menahan, karena darah mereka itu punya cadangan apabila dikemudian hari terjadi urgen," tambah camat.

Sementara itu, Kepala Desa Leuwikujang, H Juhaeni mengapresiasi kepada Pemcam Leuwimunding yang menyukseskan serangkaian kegiatan dalam peringatan Hari Jadi Majalengka. Pemerintah desa (pemdes) di Kecamatan Leuwimunding memiliki kegiatan rutin donor darah setiap tiga bula sekali.

"Seperti desa (Leuwikujang). Keberadaan mobil siaga itu untuk pelayanan kepada masyarakat apabila dikemudian hari urgen. Selain mempersiapkan armada, sopir tentunya disiapkan juga pendonor darah jika benar-benar dibutuhkan. Jadi sudah komplit," kata Enjo sapaan akrabnya.

Kebijakan ini, kata Enjo, banyak masyarakat yang terlayani oleh setiap desa. Pasalnya selain mobil siaga, keberadaan transfusi darah juga sangat dibutuhkan. Sehingga desa sudah menyiapkan segala sesuatunya.

"Alhamdulillah beberapa desa di kecamatan Leuwimunding juga aktif melakukan kegiatan bakti sosial donor darah ini," tandasnya. (ono)

BACA JUGA:Ungkap Cerita Pemenang Motor Yamaha Fazzio Hybrid-Connected di Fazzio Festival

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: