Operasi Pasar Jaga Ketersediaan dan Stabilitas Harga Pangan

Operasi Pasar Jaga Ketersediaan dan Stabilitas Harga Pangan

PALEMBANG - Pemerintah terus berupaya menjaga stabilitas harga bahan pangan dan memastikan kesediaannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
Berbagai kebijakan yang fokus pada pemenuhan kebutuhan masyarakat diterapkan dan dievaluasi seiring pemberlakuannya. Salah satu kebijakan yang diterapkan pemerintah adalah melakukan operasi pasar.
operasi pasar merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memastikan ketersediaan bahan pangan pokok bagi masyarakat dengan harga terjangkau.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto telah meninjau pelaksanaan operasi pasar di beberapa daerah, untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga pangan masyarakat terjaga dan merata di seluruh Indonesia.
Beberapa lokasi operasi pasar tersebut di antaranya, Pasar Rakyat Phula Kerti Denpasar, Pasar Cileungsi Bogor, Pasar Wonokromo Surabaya, Pasar Motor Kijang Kabupaten Bintan, Pasar Kangkung Lampung, dan Pasar Bawah Pekanbaru.
Selanjutnya, Sabtu (5/3), dalam serangkaian kunjungan kerjanya di Sumatera Selatan, Menko Airlangga juga meninjau langsung operasi pasar yang digelar di Pasar Alang-Alang Lebar KM12 Palembang.
Dalam operasi pasar tersebut terdapat 14.000 liter minyak goreng kemasan, 8.000 liter minyak goreng curah, 6 ton beras dan 2 ton gula pasir.
“Tentu kita akan medorong bahwa dari ketersediaan maupun harga yang bisa dijangkau dan Pemerintah terus melakukan evaluasi terhadap kebijakan yang sedang diberlakukan,” kata Menko Airlangga.
Operasi pasar kali ini Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Dinas Perdagangan Sumatera Selatan, dan didukung oleh Perum BULOG wilayah Sumatera Selatan.
Pada kesempatan tersebut, Menko Airlangga menyapa para pedagang dan pembeli untuk berdialog langsung dan mendengar aspirasi dari mereka.
“Tentu tadi harapan masyarakat agar continue supply terhadap kebutuhan-kebutuhan pokok ini termasuk minyak goreng ini bisa tersedia,” tegas Menko Airlangga.
Turut hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Perindustrian, Anggota DPR RI, Ketua DPRD Sumatera Selatan, Walikota Palembang, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kepala Dinas Perdagangan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, perwakilan Bulog, dan para produsen minyak goreng yang mendukung operasi pasar tersebut. (ltg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: