Pertama di Dunia, Nadiem Makarim: Konsep MBKM Bisa Dicontoh Negera Lain

Pertama di Dunia, Nadiem Makarim: Konsep MBKM Bisa Dicontoh Negera Lain

JAKARTA – Konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bisa menjadi sistem yang dicontoh bebagai negara. Pasalnya, belum ada negara lain di dunia memiliki konsep tersebut.

“Belum ada negara di dunia yang menerapkan sistem ini. Indonesia jadi negara pertama dimana semua adanya kolaborasi antara perusahaan, industri, dan perhitian tinggi,” kata Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, yang dikutip dari FIN, Kamis (21/10).

Menurut Nadiem, MBKM adalah titik balik sistem pendidikan tinggi di Indonesia. Di sisi lain, kata dia, MBKM adalah cara meningkatkan kualitas peguruan tinggi.

“Sistem pendidikan tinggi dalam MBKM bukan hanya untuk mengejar ketertinggalan pembelajaran. Namun, sistem itu dipercaya menjadi model pendidikan terbaik di dunia,” ujarnya.

Nadiem mengakui, sejak MBKM diperkenalkan, banyak civitas akademika yang mengeluh. Keluhan datang Rektor, Dekan, Kepala Prodi, hingga dosen terkait dengan adaptasi sistem MBKM.

“Mereka bilang tidak pernah sesibuk dan mengalami perubahan seumur hidup seperti sekarang ini. Kepala prodi pada kelelahan, masih banyak yang kebingungan. Karena ini semua program baru,” tuturnya.

Namun, lanjut Nadiem, di balik masa adaptasi, para dosen sangat memahami tujuan MBKM ini sangat baik.

“Bahkan banyak dosen mengaku sudah lama ingin menjalankan berbagai kebijakan yang tertuang dalam MBKM,” pungkasnya. (jun/der/fin)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: