Sekda Jabar Pastikan Kontingen PON Dapat Fasilitas Baik

Sekda Jabar Pastikan Kontingen PON Dapat Fasilitas Baik

BANDUNG - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat yang juga Chief de Mission Kontingen PON Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja, memastikan semua atlet, pelatih, dan ofisial mendapatkan akomodasi yang baik. Mulai dari pemberangkatan, gelaran, sampai kepulangan.

\"Semua mendapat fasilitas yang baik. Kami juga memastikan para atlet, pelatih, dan ofisial, yang sudah berjuang untuk Jawa Barat sampai ke rumah masing-masing dengan selamat,\" kata Setiawan.

Meski demikian, kata Setiawan, atlet diberi kebebasan memilih dalam proses kepulangan. Seperti Dheya yang memilih pulang sendiri dari Bandung ke rumahnya di Ciamis.

\"Semua kepulangan sudah difasilitasi oleh KONI. Dari Jayapura-Jakarta, dan Jakarta-Bandung. Untuk selanjutnya pulang ke masing-masing daerah,\" katanya.

\"Awalnya, Dheya akan pulang ke Ciamis dengan pamannya dari Bandung. Ternyata tidak jadi. Dheya kemudian memutuskan pulang dengan bus bersama ibunya,\" imbuhnya.

Selain itu, Setiawan pun menuturkan bahwa pihaknya memperhatikan kesehatan dan keamanan Kontingen PON Jawa Barat dari penularan Covid-19. Selain menjamin sarana prasarana penunjang protokol kesehatan (prokes), pengetesan juga dilakukan secara rutin.

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar) turut mengirim tim kesehatan khusus untuk melakukan tes Covid-19. Kontingen PON Jawa Barat pun mendapatkan banyak bekal, seperti vitamin dan sarana penunjang prokes.

\"Seminggu sebelum PON, Tim Labkes Jawa Barat sudah stand by di Papua. Kami ingin mengetes sendiri. Jadi di luar tim kesehatan pertandingan, kita ada tim kesehatan khusus untuk Covid-19,\" ucapnya.

Menurut Setiawan, aktivitas kontingen Jawa Barat dibatasi untuk memberikan keamanan dari penularan Covid-19. Fasilitas Kontingen PON Jawa Barat pun sangat diperhatikan selama berada di Papua.

\"Atlet tidak boleh keluar setelah melaksanakan pertandingan. Mereka wajib langsung ke penginapan dan tidak boleh keluar. Kami 100 persen melayani kebutuhan-kebutuhan atlet. Untuk menjaga kesehatan, yang paling pokok selain vitamin, kita memberikan air yang lebih agar tidak dehidrasi,\" tuturnya.

Setiawan menegaskan, apa yang dilakukan Pemdaprov Jabar bersama KONI Jawa Barat semata-mata agar Kontingen PON Jawa Barat dapat tampil maksimal dan mewujudkan target menjadi juara umum.

\"Kami ingin mereka bisa fokus pada pertandingan. Hal-hal di luar pertandingan biar jadi urusan kami. Dan kami terus berusaha untuk memastikan mereka mendapatkan fasilitas yang baik,\" tegasnya. (jun/rls)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: