Punya Potensi, Wagub Uu Ajak Masyarakat Jawa Barat Sadar Wisata

Punya Potensi, Wagub Uu Ajak Masyarakat Jawa Barat Sadar Wisata

CIAMIS - Jawa Barat mempunyai kekayaan alam yang melimpah. Namun, pemanfaatannya belum maksimal. Hal ini dikarenakan kesadaran masyarakat tentang pemahaman penamfaat potensi tersebut belum maksimal.

Padahal, dengan kekayaan alam tersebut bisa digali manfaatnya untuk mendongrak kehidupan ekonomi masyarakat.

Oleh karena itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum sangat memperhatikan pentingnya kesadaran masyarakat, khususnya dipedesaan untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata.

Selain untuk menarik minat wisatawan berkunjung, roda perekonomian di desa pun akan berputar semakin cepat.

“Dengan adanya potensi wisata yang ada di desa-desa, kemudian kita angkat potensinya dan kita manfaatkan, maka Insya Allah akan mampu meratakan dan meningkatkan pendapatan masyarakat yang ada di daerah,” kata Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri acara silaturahim Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Ciamis di Pasir Jati, Desa Sidamulih, Kabupaten Ciamis, Minggu (10/10).

Dalam kesempatan ini, Wagub Uu menyampaikan ucapan terima kasih kepada penggerak Pokdarwis dan Karang Taruna Kabupaten Ciamis yang telah mendorong gerakan sadar wisata di masyarakat. “Karena kami yakin, kegiatan sadar wisata ini akan memberikan dampak dan manfaat bagi perkonomian Jawa Barat,” ucapnya.

Pria yang biasa disapa Pak Uu ini, menyatakan kekagumannya atas  keindahan alam Desa Sidamulih, apalagi udaranya sejuk dan nyaman.

“Desa Sidamulih ini memiliki pemandangan yang indah, sejuk, nyaman, dan udara yang bersih,\" paparnya.

 Apalagi, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar) sedang gencar mempromosikan potensi Jawa Barat baik potensi sumber daya alam laut, perikanan, dan yang lainnya termasuk di dalamnya potensi wisata yang ada di desa-desa. \"Suasana di Desa Siadamulih akan saya promosikan,\" ungkapnya.

Perlu diketahui, Acara silaturahmi Pokdarwis merupakan kegiatan rutin bulanan yang digelar oleh Pokdarwis di Kabupaten Ciamis.

Kegiatan tersebut adalah ebagai sarana edukasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran potensi wisata yang dimiliki desa-desa di Ciamis.

Silaturahmi ini dihadiri sebanyak 61 pengurus dan pengurus Pokdarwis se-Kabupaten Ciamis dari 146 destinasi wisata dan 22 manajemen pengelola kunjungan wisata menuju ke arah desa berkembang, serta 36 kepala desa dari Kabupaten Ciamis.

Melalui kegiatan silaturahim ini diharapkan timbul kesadaran dari semua pihak baik pemerintahan desa, pengelola wisata, serta masyarakat tentang potensi wisata yang dimiliki. Tujuannya adalah mengembangkan potensi ekonomi daerah untuk mencapai desa mandiri dan desa juara. (jun)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: