Harus Ada Even Nasional dan Internasional Pasca PON XX Papua

Harus Ada Even Nasional dan Internasional Pasca PON XX Papua

MIMIKA – Usai gelaran PON XX Papua 2021, pemerintah mendorong ajang olahraga kelas nasional hingga internasional bisa dilaksanakan di Papua.

\"Komitmen kami semaksimal mungkin mendorong kegiatan olahraga tingkat nasional dan internasional ke Papua,\" kata Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, di Mimika Sport Centre, Senin (4/10).

Dia mencontohkan, ajang kejuaraan nasional (kejurnas) yang berada satu level di bawah PON.

\"Misalnya kejurnas, sudah pasti, karena fasilitasnya di Papua luar biasa. Itu akan kita dorong,\" ujarnya.

Namun, lanjut Amali, peran pemerintah pusat hanyalah tambahan.  Sebab, yang utama adalah peran dari pemerintah daerah setempat.

Artinya, Menpora mengingatkan pemda, baik pemerintan provinsi maupun kabupaten/kota berperan besar dalam penyelenggaraannya, termasuk pengelolaan arena tersebut.

Sementara, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga mengajak seluruh pihak untuk bergotong royong dalam pembangunan olahraga di daerah melalui pengelolaan aset-aset berupa arena PON.

\"Memang kita semua harus gotong royong. Tidak semua harus menjadi bagian pemerintah pusat. Kita harus lakukan bersama-sama,\" katanya.

Sehingga, pemda diharapkan untuk mengelola aset-aset PON secara baik dengan membuat even, didukung oleh Kemenpora dan juga BUMN.

Selama ini, lanjut Erick, jajaran BUMN juga sudah banyak membangun arena olahraga, termasuk stadion di berbagai daerah.

\"Tinggal kuncinya bagaimana pemda berkolaborasi dengan cabang olahraga melakukan even untuk perawatan itu. Kalau tidak, sayang,\" imbuhnya. (jun/antara)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: