Bangun Monumen Keris Naga Raja

Bangun Monumen Keris Naga Raja

MAJALENGKA - Monumen Keris Naga Raja di Desa Sumber Kulon Kecamatan Jatitujuh dibangun di Sirkuit Pandawa. Monumen tersebut dijadikan simbol dan slogan sejarah terbentuknya Desa Sumber Kulon. Monumen dibangun swadaya masyarakat dengan cara gotong-royong.

Ki Bagus Wardilah, Kepala Desa Sumber Kulon mengatakan, monumen tersebut melambangkan kejayaan, kemakmuran dan simbol kewibawaan Desa Sumber Kulon.

Dibangunnya Monumen Keris Naga Raja juga sebagai bentuk pelestarian budaya adat desa dan mengenang peninggalan leluhur turunan Kebagusan.

“Anak cucu dari Ki Bagus Arsitem, Ki Bagus Arimba, Pangeran Sukmajayadiningrat merupakan nenek moyang yang masih keturunan dari Keraton Kasepuhan Cirebon. Berharap monumen ini bisa dijadikan daya tarik wisatawan yang akan berkunjung ke Sesa Sumber Kulon. Karena dalam setiap memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW selalu dikunjungi para pendatang dari berbagai daerah di sekitar Pantura Indramayu hingga Banten,” jelasnya Senin (27/9).

Peresmian monumen bersamaan dengan kegiatan kejuaraan Grasstrack diikuti oleh para pembalap dari Majalengka dan daerah lain. Dari event kejuaraan ini panitia bisa mengumpulkan atau menggalang dana sekitar Rp50 juta. Semua dana yang terkumpul disalurkan ke yayasan panti asuhan dan ponpes.

\"Tiket penonton dan uang pendaftaran semuanya akan disumbangkan,” tandasnya. (bae)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: