DPC Manggala Garuda Putih Salurkan Bantuan Bibit Pohon

DPC Manggala Garuda Putih Salurkan Bantuan Bibit Pohon

MAJALENGKA - Memasuki musim tanam, DPC Manggala Garuda Putih Kabupaten Majalengka mulai menyalurkan bantuan bibit pohon secara gratis kepada masyarakat.

Saat dikonfirmasi, Rabu (15/9) Ketua DPC Oramas Manggala Garuda Putih Kabupaten Majalengka, Taufik Purkon mengatakan bahwa ada dua desa yang saat ini mendapatkan bantuan bibit. Desa Cigaleuh Kecamatan Lemahsugih, dan Desa Desa Sukajadi Kecamatan Lemahsugih.

\"Untuk penyaluran bantuan kali ini, jumlahnya kurang lebih ada sekitar 7.000 bibit dengan berbagai macam variasi tanaman produktif dan ada tanaman kayu keras juga. Bantuan ini disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan dari masyarakat dan stok yang ada,” katanya.

Pendistribusian bibit ini dilakukan dalam rangka gerakan penghijauan nasional, berkerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan dan BPDASHL Cimanuk-Citanduy.

Bagi masyarakat yang menginginkan bantun ini, teknis pengajuan bisa melalui desa, dan mengajukan permohonan kepada DPC Ormas Manggala Garuda Putih Kabupaten Majalengka. Sekaligus menuliskan keterangan jenis tanaman yang dibutuhkan, dan denah lahan yang akan ditanami serta titik kordinat.

\"Nanti kita akan buatkan surat jawaban, dan setelah diberikan bantuan bibitnya, kita akan pantau terus monitor dengan tujuan agar program pemerintah ini bisa terlaksana dengan baik,” tandas.

Kepala Desa Cigaleuh Memed Subarnas SPt sangat mengapresiasi bantuan tersebut. Karena dengan menanam pohon akan memberikan dampak yang baik bagi seluruh makhluk hidup, terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

\"Diharapkan masyarakat akan aktif kembali menanam tanaman bermanfaat, seperti buah-buahan di lingkungan pekarangan rumah. Selain itu juga menanam tumbuhan merupakan wakaf yang akan dirasakan manfaatnya bagi anak cucu kelak,\" ujarnya.

Terpisah Kepala Desa Sukajadi Abdur Rochman Faiz berterima kasih atas terealisasinya bantuan bibit. Apalagi bantuan bibit produktif tersebut tidak hanya berdampak ekonomis, tetapi juga berdampak ekologis. \"Bibit produktif akan menghasilkan buah dan memiliki nilai ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kami sangat berterima kasih, karena program ini merupakan bentuk nyata bakti sosial yang peduli terhadap penghijauan,”  katanya. (bae/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: