Santri Ponpes Almadani Divaksin

Santri Ponpes Almadani Divaksin

MAJALENGKA - Ratusan santri Ponpes Almadani Desa Cikalong Kecamatan Sukahaji antusias  mengikuti vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tenaga kesehatan (nakes) dari Puskesmas Majalengka, Selasa (7/9).

Pimpinan Ponpes Al Madani Cikalong, KH Dr Endi Suhendi M A mengatakan, vaksinasi Covid-19 dan pemeriksaan kesehatan kerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Sukahaji dan Puskesmas Sukahaji. \"Sejak awal, Pesantren Al Madani Cikalong sangat serius menghadapi penanganan  dan pengendalian pandemi Covid-19. Di antaranya ikhtiar  meningkatkan imunitas lahir dan spiritual,” kata Kiai Endi.

Ia menegaskan, meningkatkan imunitas lahir dengan pola hidup sehat, jemur sambil olah raga napas, pemberian masker, hand sanitizer, vitamin, penyemprotan dan makanan bergizi. Adapun imunitas spiritual menumbuhkan ketenangan, kepasrahan, ketawakalan, karena semua yang terjadi dengan pengetahuan dan kehendak Allah SWT. Yaitu, dengan menanamkan ketauhidan kepada para santri, puasa sunnah (Senin-Kamis), dawam wudhu, memperbanyak wirid (dengan Alquran, Asma Allah), Qunut Nazilah, memperbanyak sedekah, karena semua makhluk ada dalam genggaman Allah. Tidak ada yang bisa memberikan dan menolak baik manfaat dan madharat, kecuali seizin Allah SWT. 

\"Hal tersebut dengan tujuan agar keselamatan jiwa seluruh santri-santriwati dan para asatidz bisa terlindungi. Bahkan para santri rutin mendoakan keselamatan bangsa dan dunia supaya musibah ini cepat diangkat oleh Allah SWT,” tuturnya.

Sementara itu,  Ketua Badan Waqaf Pesantren Al Madani Cikalong,  Ande Suherman SPd  mengapresiasi kehadiran pihak-pihak di acara ini seperti Camat Sukahaji, Sekcam Sukahaji, Polsek Sukahaji, Koramil Sukahaji, Kepala Puskesmas Sukahaji beserta  semua tim. 

Camat Sukahaji, Momon Rukman SH MH menyatakan kegiatan vaksinasi di Pesantren Al Madani Cikalong merupakan upaya dari pemerintah untuk mempercepat herd immunity.

Kepala Puskesmas Sukahaji, Eha Julaeha SKM M Kes menambahkan, untuk tahap awal vaksin yang dialokasikan di Pesantren Al Madani Cikalong sebanyak 100 dosis. “Seluruh santri di wilayah Kecamatan Sukahahi diharapkan  mendapat vaksinasi,\" harapnya. (ara/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: