Dapat Kiriman Vaksin Moderna

Dapat Kiriman Vaksin Moderna

MAJALENGKA – Di saat kekurangan vaksin Covid-19 di Kabupaten Majalengka, ada angin segar lantaran Dinas Kesehatan (Dinkes) mendapatkan kiriman vaksin. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) H Harizal F Harahap menyebutkan, tambahan vaksin tersebut sebanyak 229 pial jenis Moderna yang sudah tiba, Kamis (5/8) malam.

Pihaknya mendapatkan vaksin jenis Moderna sebanyak 229 pial. Vaksin tersebut diperuntukkan untuk tenaga kesehatan yang telah mendapatkan vaksin dosis ke-2. \"Ini untuk nakes dosis ke-3. 1 pial bisa untuk 14 dosis atau nakes. Sehingga, ada sekitar 3.206 nakes yang bisa divaksin jenis Moderna ini,\" kata Harizal, Jumat (6/8).

Harizal menjelaskan, vaksin Moderna ini adalah vaksin yang berbeda dari jenis vaksin Sinovac. Namun pada dasarnya vaksin Moderna merupakan vaksin mRNA yang mana harus melalui penyimpanan yang khusus.

Penyimpanan vaksin Moderna harus di suhu -26 celsius, jadi memang harus di freezer. Vaksin Moderna itu pun bentuknya beku. Sehingga, ketika ingin diberikan harus dicairkan terlebih dahulu.

\"Vaksin Moderna juga memiliki kekhususan lain, yakni tidak boleh kena guncangan. Lalu ketika sudah dibuka tidak boleh lebih dari 28 hari. Selain itu, kalau sudah keluar dari boksnya tidak boleh lebih dari 8 jam dan harus langsung dipakai,\" jelasnya.

Sampai saat ini, seluruh puskesmas di Majalengka belum memiliki tempat pendingin yang dibutuhkan vaksin tersebut. Oleh karena itu, vaksin Moderna disimpan di Gudang Farmasi yang telah ditentukan.

\"Jadi, hal-hal seperti itu butuh perencanaan yang matang, supaya jangan sampai nanti vaksinnya terbuang atau efeknya jadi tidak ada, karena melanggar kekhususan tadi,\" terang dia.

Harizal menambahkan, belum ditentukan kapan pendistribusian vaksin Moderna kepada para nakes dilakukan. Yang jelas, sampai akhir bulan Agustus ini, vaksin tersebut harus sudah diterima para nakes.

Pihaknya sedang merencanakan sampai tanggal 31 Agustus 2921 ini harus sudah tervaksin semua ke seluruh nakes di Majalengka. Di luar nakes yang belum mendapatkan dua dosis awal.

Selain kedatangan vaksin jenis Moderna, Dinas Kesehatan Majalengka juga menerima vaksin jenis Sinovac dan Sinopharm. Jumlahnya, vaksin Sinovac sebanyak 1.210 pial artinya untuk 12.100 dosis. Untuk Sinopharm dikirim sebanyak 819 pial yang memang untuk jenis ini 1 pial itu untuk 1 dosis, makanya hanya untuk 819 dosis. (ono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: