21 Tahun Santuni Yatim dan Jompo

21 Tahun Santuni Yatim dan Jompo

MAJALENGKA - Banyak cara warga umat muslim di penghujung bulan suci Ramadan dan menyambut Idul Fitri dengan berlomba melakukan bakti sosial. Seperti keluarga anggota DPRD Kabupaten Majalengka H Nono Sudarsono SE menggelar kegiatan rutinitas tahunan dengan menyantuni ratusan anak yatim dan jompo di wilayahnya.

Sebanyak 200 jompo dan 30 anak yatim antre di kediaman anggota DPRD Fraksi PDIP dengan prokes ketat. Tidak ada tujuan apapun dalam pemberian santunan, namun sebagai bagian memperingati hari kemenangan. Sehingga diperingati dengan memberikan sedekan kepada anak yatim dan kaum duafa.

Sebelum pada acara puncaknya, ratusan jompo dan puluhan anak yatim menggelar doa bersama untuk mendoakan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pilkades serentak di desanya serta agar terhindar virus Corona.

“Kami juga mengajak kepada seluruh warga yang hadir untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan menaati protokol kesehatan (prokes). Karena sehat merupakan harta utama bagi semua orang,” kata Nono yang juga anggota Komisi IV membidangi kesehatan ini, Minggu (9/6).

Menurut pria berkacamata ini, kegiatan pemberian santunan tersebut merupakan rutinitas setiap tahun. Agenda rutin sejak tahun 2000 itu atau saat masih menjabat kepala desa bisa terlaksana setiap tahunnya berkat doa masyarakat Kecamatan Ligung.

Dirinya tidak memiliki tujuan apapun atau riya namun sebagai bentuk rasa syukur atas kelancaran pada tugasnya, serta kesehatan kepada keluarganya. Keberadaan anak yatim dan jompo adalah kewajiban semua yang memiliki rezeki lebih.

“Karena saya yakin bahwa doa dari mereka ini akan memberikan kemudahan kita baik di dunia maupun di akhirat kelak. Kami berharap bagi masyarakat yang memiliki pendapatan lebih agar mempedulikan mereka. Karena sebagian harta kita adalah milik mereka,” imbuh istri Nono, Hj Roppedah SPd MM.

Roppedah yang juga Kepala Dinas PKPP Kabupaten Majalengka ini menyebutkan, ratusan orang ini semuanya adalah warga di Kecamatan Ligung. Sejak diadakannya kegiatan rutin ini memiliki manfaat baik bagi dirinya ,dan diharapkan dapat memberikan manfaat di tengah pandemi Covid-19 yang dirasakan betul dampaknya oleh masyarakat.

“Diadakan di kediaman saya berharap seluruh keluarga saya pun didoakan oleh mereka. Mudah-mudahan kegiatan ini akan tetap ada setiap tahunnya,” harapnya. (ono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: