Pakubumi Peduli Anak Yatim

Pakubumi Peduli Anak Yatim

MAJALENGKA- Pemuda Kumbung Bersatu Mengabdi (Pakubumi) Desa Kumbung Kecamatan Rajagaluh melaksanakan  bakti sosial dengan memberikan santunan kepada  anak yatim, Jumat (7/5). Ketua Pakubumi,  Asep Maman Abdurahman, MPd mengatakan, pihaknya merupakan komunitas pemuda yang bergerak dalam bidang sosial dan lingkungan, menanamkan kepedulian akan kondisi lingkungan alam dan kehidupan masyarakat.

Menurut Asep, bulan Ramadan adalah bulan untuk meningkatkan ibadah dan bulan untuk berbagi. Salah satu nilai atau hikmah yang bisa diambil dalam pelaksanaan ibadah puasa adalah mengajarkan untuk merasakan kehidupan sesama yang kurang beruntung.

Karena itu, atas rasa kepedulian bertempat di seretariat Pakubumi mengadakan kegiatan santunan anak yatim. Sekitar 50 anak yatim yang berada di Desa Kumbung dan sekitarnya menerima santunan. Berupa uang dan paket bingkisan sembako. Diawali dengan berbagi 1,000 paket takjil, pemberian santunan lalu ditutup dengan buka bersama.

Hadir dalam acara santunan tersebut, anggota Komisi VIII DPR RI Dr H Jefry Romdonny MSi MM, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Majalengka H Didin Jaenudin SIP, anggota DPRD Kabupaten Majalengka Multajam SIP, Kapolsek Rajagaluh, AKP Sarjio SE,  Danramil, Babinsa, Babinkamtibmas, aparatur Pemerintahan Desa Kumbung,  alim ulama, tokoh masyarakat serta seluruh pengurus dan anggota Pakubumi.

Acara santunan anak yatim yang diselenggarakan Pakubumi mengambil tema “Mendorong Kepedulian Terhadap Anak Yatim”.  “Karena saat ini rasa kepedulian terhadap anak yatim makin luntur dan hilang di masyarakat. Sehingga masyarakat perlu diingatkan kembali akan rasa kepedulian terhadap anak yatim tersebut,” kata Sekretaris Pakubumi,  Junaedi SSos.

Ia menjelaskan santunan anak yatim bertujuan memberikan pendidikan akhlak kepada masyarakat, bahwa menyantuni anak yatim tidak hanya merupakan perintah agama, tapi juga amanat konstitusi Pasal 34 Ayat 1 UUD 1945. ”Yang berbunyi fakir miskin dan anak-anak yang telantar dipelihara oleh Negara, dan anak yatim merupakan bagian dari fakir miskin,” katanya.

Sementara perwakilan  keluarga penerima santunan,  Sambas  menyampaikan rasa terima kasih kepada Pakubumi. Diakui Sambas  bantuan ini  sangat dibutuhkan bagi anak yatim apalagi menjelang lebaran. “Kami berharap kegiatan ini tetap ada untuk membahagiakan anak-anak yatim,” ujarnya. (ara/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: