Keakraban Ifthar bersama Fostama

Keakraban Ifthar bersama Fostama

MAJALENGKA - Forum Silaturahmi Pecinta Masjid (Fostama) menggelar acara buka puasa (ifthar) bersama, di Aula Warung Sate Mang Ate Ciborelang, Kecamatan Jatiwangi, Rabu, (28/4).

Ketua Fostama H Tete Sukarsa MH mengatakan,  kegiatan ini dimaksud untuk menjalin keakraban sesama pecinta masjid dalam mengisi kegiatan di bulan suci Ramadan 1442 H.

“Kehadiran Ramadan adalah momentum terbaik untuk lebih akrab dengan Alquran dan masjid tentunya. Fostama yang sedari awal berkomitmen untuk menggiatkan agenda-agenda kemasjidan dan syiar Islam, berupaya memberikan kontribusi bagi terciptanya semangat keislaman di tengah umat,” jelasnya.

Adapun pengisi tausyiah menjelang acara berbuka puasa adalah KH Nurhilal Ahmad MSi. Ia menyampaikan perihal kewajiban puasa pertama kali pada masa Rasulullah SAW yaitu pada tahun ke dua hijriah yang beriringan dengan perang Badar. Maka, sudah pasti puasanya para sahabat penuh dengan perjuangan.

“Sudah bisa dibayangkan bagaimana mereka menahan lapar, namun dengan penuh semangat maju ke medan perang dan berhasil memenangkan perang Badar yang secara kekuatan sangat timpang, kaum muslimin sekitar 300 orang, sedangkan pihak musuh mencapai 1.000 orang,” papar Ustad Nur sapaan akrabnya.

Hadir dalam acara yang berjalan satu jam tersebut, di antaranya para tokoh masyarakat seperti H Anung Suparman, pengusaha H Nardi, penggiat komunitas remaja hijrah Aif Syaiful Makruf SPd, praktisi pendidikan dan beberapa tokoh lainnya dengan tetap menjaga protokol kesehatan, seperti memakai masker dan jaga jarak.

Beberapa rangkaian acara, selain tausyiah dan buka puasa, juga salat Magrib berjamaah di musala yang berada di tempat acara. Pada kesempatan tersebut beberapa peserta sangat terkesan dengan adanya agenda Fostama selama ini. Sekalipun berupa komunitas yang masih lokal, namun mampu menghidupkan suasana keagamaan yang penuh dengan keakraban.

“Acara yang membawa semangat keakraban demi terjalinnya ukhuwah Islamiyah. Agenda-agenda kegiatan Fostama yang dinilainya konsisten dengan tujuannya menghidupkan agenda kemasjidan dan keumatan,\" tandas seorang peserta, Kang Anto. (ono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: