Pembuatan Adminduk Bisa di Rumah

Pembuatan Adminduk Bisa di Rumah

MAJALENGKA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Majalengka melakukan terobosan baru dalam pelayanan pembuatan administrasi dan Kependudukan (Adminduk) di Gedung Yudha, Selasa (27/4). Lewat program tersebut telah di-launching sistem layanan Adminduk Cepat dari Rumah (Silancar).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Majalengka H Ade Saepudin SSos mengatakan kondisi layanan saat ini masih jauh dari harapan. Dalam setiap harinya, Disdukcapil Majalengka melakukan pencetakan sebanyak 1.500 KK/KTP, akte, surat pindah dan datang serta surat kematian yang mendapatkan layanan dari kecamatan-kecamatan.

Disamping itu, dari petugas rangkap jabatan dan kondisi peralatan yang terbatas. Belum lagi di masa pandemi Covid-19 ini, di kantor Disduk adanya (antrean) calo, pungli, prokes, yang susah di terapkan. Sehingga KTP gratis sulit terwujud.

\"Sehingga kami berfikir agar tidak terjadi kekurangan itu kami hadirkan Silancar. Program ini tujuannya memberikan kemudahan dan alternatif layanan bagi masyarakat, untuk mencegah dan menanggulangi praktik tersebut,\" tegasnya.

Pihaknya menyediakan layanan nomor WA yang disediakan, diantaranya untuk layanan pendaftaran penduduk, Nomor untuk layanan pendaftaran pencatatan sipil, Layanan Informasi dan pengaduan, serta untuk layanan perbaikan data kependudukan.

Alur pendaftaran online ini masyarakat secara langsung bisa mengajukan melalui WA dan mengisi formulir. Dokumen digital dikirim ke admin dan langsung verifikasi.

\"Kepala seksi memverifikasi di teruskan ke operator, berkas diterbitkan setelah disetujui kepala dinas. Hasilnya dikirimkan ke masyarakat. Ini sudah uji coba dua Minggu, dan alhamdulillah berjalan lancar. Adanya program ini bukti bahwa kami tidak main-main menjalankannya agar dapat berjalan dengan baik,\" tukasnya.

Bupati Dr H Karna Sobahi MMPd mengatakan program ini untuk memudahkan dan meringankan masyarakat agar tidak perlu datang langsung ke Disdukcapil yang sangat merugikan agenda harian warga. Adanya program Silancar ini juga dapat mencegah penyebaran Covid-19.

\"Ini juga merupakan Program bupati dan wakil yang masuk di 9 poin. Salah satunya adalah Silancar. Kami dorong kepala dinas agar menghasilkan inovasi. Menunjukkan kemudahan. Agar masyarakat lebih dimudahkan,\" pesannya.

Pihaknya bakal menganggarkan dari APBD layanan penyediaan mesin cetak. Launching ini adalah konsistensi menjalankan komitmen sampai selanjutnya. Pelihara dan jaga program ini untuk melayani dan melindungi rakyat. \"Menjaga integritas kita dalam menjaga Silancar ini,\" imbaunya. (ono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: