Stok Sedikit, Donor Darah Malam Hari

Stok Sedikit, Donor Darah Malam Hari

MAJALENGKA - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Majalengka pada saat Ramadan 1442 H mengalami defisit stok darah. Kasi P2D2S PMI UDD Majalengka, Donny Yogarasa SE menyebutkan, kebutuhan per bulan di angka 1.300  labu, dan baru terpenuhi 1.000 labu.

“Untuk mengatasi kekurangan darah solusinya hingga kini masih diberlakukan donor pengganti. Pelaksanaan donor darah masih dilakukan saat Ramadan, hanya waktunya pada malam hari,” kata Donny kepada Radar, kemarin.

Agenda donor darah yang beberapa waktu lalu dilaksanakan di Markas Anggota DPR RI Fraksi PKS H Nurhasan Zaidi saat digelar reses  di Jalan Kartini Majalengka.

Anggota DPRD Kabupaten Majalengka, Deni Khoharudin menyebutkan, para pengurus DPD PKS dan para wakil rakyat bersama kader ikut mendonorkan darah untuk kemanusiaan.

Diakui anggota Fraksi  PKS asal  Ligung ini, dari 70 orang yang mendaftar donor hanya 11 orang saja yang bisa mendonorkan darahnya. “Kami sangat prihatin dengan kondisi stok darah di PMI yang menipis pada Ramadan ini, karena itu mengetuk hati masyarakat Majalengka untuk tidak ragu mendonorkan darahnya demi menolong sesama,” ujar Deni kepada wartawan koran ini.

Kasi P2D2S PMI UDD Majalengka, Donny Yogarasa menerangkan sejak terjadinya pandemi Covid-19, kegiatan donor ke sekolah disetop total, dan di perusahahaan juga hanya beberapa yang masih rutin melasanakan donor dan. Lainya berhenti total, apalagi pada bulan Ramadan.

Namun demikian, pihaknya terus berupaya untuk melaksanakan kegiatan donor darah sukarela, dan untuk jadwal minggu depan akan dilaksanakan di Perun Asabri Andir Purnajaya. Masjid Nurul Iman dan Masjid Al Hikmah Pasar Rajagaluh, serta di Desa Balagedog Kecamatan Sindangwangi pada pukul 18. 30 WIB. (ara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: